Decision Making Game Theory

Coopetition dan Teori Permainan

Coopetition atau co-opetition (kadang-kadang disebut coopertition atau co-opertition) adalah neologisme yang diciptakan untuk menggambarkan kompetisi kooperatif. Coopetition adalah kolaborasi dan kompetisi, yang menekankan “petisi” -seperti sifat kerja sama. Prinsip dasar struktur co-opetitive telah dijelaskan dalam teori permainan, yaitu dalam Theory of Games and Economic Behavior  John Forbes Nash (1944) pada permainan non-kooperatif.

Dalam bahasa Indonesia, Coopetition diterjemahkan menjadi Koopetisi. Yaitu strategi perusahaan modern yang menggabungkan kompetisi dan kerjasama dimana dua atau lebih organisasi bersaing dan bekerjasama untuk menciptakan nilai sekaligus bersaing untuk mendapatkan nilai yang lebih besar (Brandeburger dan Nalebuff, 1997:18). Padula dan Dagnino (2007) dalam Rusko (2008) memperkenalkan gagasan koopetisi sebagai sintesis dua paradigma : “Gangguan persaingan dalam Struktur permainan kooperasi ” yang mengklaim bahwa koopetisi memberikan pandangan yang lebih realistis dari terungkapnya hubungan kerjasama (kooperasi).

Koopetisi adalah strategi bisnis berbasis pada kombinasi kerja sama dan kompetisi, berasal dari pemahaman bahwa pesaing bisnis bisa mendapatkan keuntungan dan menciptakan nilai-nilai ketika mereka bekerja bersama-sama. Model bisnis koopetisi didasarkan pada teori permainan, yang merupakan pendekatan ilmiah (dikembangkan selama Perang Dunia Kedua) untuk memahami berbagai strategi dan hasil melalui permainan yang dirancang secara khusus. (Mongkhonvanit, 2012:85)

Lado, Boyd dan Hanlon (1997) dalam Yami et al (2010:44) menjelaskan koopetisi sebagai hubungan antara dua perusahaan berdasarkan kerjasama untuk mengembangkan produk baru dan menciptakan nilai dan kemudian kompetisi untuk mendapatkan bagian dari memasarkan dan mendistribusikan kembali nilai yang telah dibuat.

Bengston dan Kock (2000) berpendapat bahwa satu hubungan tunggal dapat terdiri dari kerjasama dan kompetisi dimana perusahaan dapat bersaing dan bekerja sama secara bersamaan. Jika kedua unsur kerjasama dan kompetisi dapat terlihat, hubungan antara pesaing dikatakan sebagai koopetisi. Lebih lanjut Bengston dan Kock (2000) mengemukakan tiga tipe hubungan yang bersifat koopetisi yaitu: cooperation-dominated relationship, equal-dominated relationship, dan competition-dominated relationship. Menurut Bigliardi et al (2011) koopetisi memiliki empat keuntungan dan manfaat sebagai berikut:

Synergistic Effect (Efek Sinergis)

Kerjasama antara perusahaan besar dan kecil dapat membangun jaringan strategis sehingga mencapai efek sinergi terkait pengetahuan produksi. Manfaat sinergi sering menjadi dasar keunggulan kompetitif yang dapat diperoleh hanya melalui berbagi pengalaman, keterampilan kewirausahaan dan manajemen, budaya dan semangat inisiatif, pengetahuan, proses produksi yang efisien atau jaringan distribusi.

Specialization (Spesialisasi)

Model koopetisi menyediakan perusahaan dengan manajemen khusus, keterampilan pemasaran, serta memfasilitasi akses ke teknologi dan penerapan paten dan merek dagang.

Advantage of Scales (Keuntungan Skala)

Ketika sebuah organisasi telah mencapai supremasi dari waktu ke waktu atas pesaingnya, organisasi dapat mengambil manfaat dari keuntungan biaya melalui skala ekonomi, kekuatan pasar dan manfaat yang diperoleh dari pengalaman perusahaan.

Risk Reduction (Pengurangan Resiko)

Banyak perusahaan mengembangkan aliansi dan jaringan untuk mengurangi ancaman yang dibuat oleh pesaing lainnya dalam proses untuk mencapai diversifikasi sumber daya dan pasar. Untuk menghilangkan ancaman itu, perusahaan dapat bekerja sama untuk menyebar risiko.

Bradenburger dan Nalebuff (1997) menggambarkan koopetisi sebagai bagian permainan bisnis yang berkaitan dengan penciptaan dan pemberdayaan nilai. Secara skematis keseluruhan skenario permainan bisnis digambarkan dalam sebuah alat yang dinamakan jaring nilai (value net).

Materi Coopetition bisa didownload di Materi 5

Sekian dulu pembahasan mengenai Coopetitionnya, jangan lupa untuk membaca contoh kasus Coopetition berikut ini:

Koopetisi (Coopetition) dan Cara Mengaplikasikannya pada Kasus

Kumpulan Penelitian Mengenai Kelompok Usaha Bersama Zocha, UKM Akar Wangi Garut

 

 

73 thoughts on “Coopetition dan Teori Permainan

    1. Coopetition itu jiwa, seperti halnya kita bicara Entrepreneurship, semangat Coopetition itu bisa digaungkan bisa juga diredam. Kasus diatas, bisa jadi terdapat dua perusahaan dimana beberapa divisi berkoopetisi dan lainnya tidak.

      1. Nama : Yuli Siti Sopiah
        NPM : 2402314047
        MANAJEMEN-A

        1) APA KAITANNYA PD 1 DAN PD 2 DENGAN KOOPETISI?
        Karena di dalam PD 1 dan PD 2 ada persaingan untuk menguasai negara contohnya 3G. Dan pada PD 2 jepang ingin menguasai negara Asia salah satunya negara Indonesia Karena Indonesia pernah dijajah oleh Belanda. Dan pada PD 2 Jerman menyerang prancis karena kekalahannya di PD 2. Membuktikan bahwa di dalam PD 1 dan 2 terdapat persaingan dan perselisihan.

        2) APAKAH KOMPETISI DIPERLUKAN PADA ZAMAN SEKARANG?
        Sangat diperlukan, contohnya di dalam perusahaan. Jika perusahaan tidak ada kompetisi dengan perusahaan lain kemungkinan kecil tujuan perusahaan tersebut tidak akan tercapai karena tidak adanya kerjasama antar perusahaan, menurut saya perusahaan tidak akan berdiri tanpa adanya kerjasama dengan perusahaan lain contohnya dalam perusahaan kecil salon tata rias bekerja sama dengan photografer dalam acara pernikahan. Jika di acara nikahan tidak ada photografer , acara trsebut akan hambar.

        3) APAKAH KOMPETISI MENGUNTUNGKAN SEMUA PIHAK?
        Tidak, jika suatu perusahan yg berkompetisi dg perusahaan lain mendapatkan profit maka kedua perusahaan tersebut akan untung, tidak hanya perusahaan yg mendapatkan keuntungan tetapi pelangganpun bisa jadi untung karena puas dengan produk yg di beli di perusahaan tsb. Jadi yg mengalami keuntungan adalah yg terdapat di value net. Sebaliknya jika perusahaan mengalami kerugian maka yg ada di value net akan ikut rugiml.

        1. Nama : Yayan Suryani
          Kelas : Manajemen-A

          1. Apa kaitannya perang dunia 1 dan 2 dengan kompetisi?
          Jawab : kaitannya perang dunia 1 dan 2 dengan kompetisi yaitu sama sama bersaing untuk memenangkan peperangan dan kekuasaan terhadap suatu negara atau wilayah tertentu.
          2. Apakah kompetisi diperlukan pada jaman sekarang?
          Jawab : Sangat diperlukan, karena kompetisi merupakan suatu bagian hal penting baik bagi suatu perusahaan maupun suatu usaha, contohnya seperti usaha, Dalam membangun suatu usaha sangat diperlukan sebuah kompetisi dengan usaha lain untuk memacu /memperoleh suatu inovasi dan motivasi.
          3. Apakah kompetisi benar -benar menguntungkan semua pihak ?
          Jawab : tidak, kompetisi tidak menguntungkan semua pihak, karena didalam suatu kompetisi pasti ada yang menang dan kalah karena yang kalah bisa saja merasa dirugikan, itu sebabnya kompetisi tidak menguntungkan semua pihak.

    2. KAITANNYA PD 1 DAN PD 2 DENGAN KOMPETISI ?
      yaitu negara saling bersaing satu sama lain untuk memenangkan peperangan dan menguasi wilayah serta seisi wilayah tersebut seperti rempah-rempah, batu bara dll. Makna dari kata kompetisi yaitu adanya persaingan, perselisihan dan kerja sama tim yang kuat. Dan sebuah kompetisi harus adanya kata yang menang dan yang kalah dalam kompetisi tersebut. Apabila sudah keluar pemenang dan yang kalah maka kompetisi tersebut berakhir. Tapi tidak menutup kemungkinan kompetisi yang sudah berakhir berjalan kembali atau melanjutkan kompetisi.

      APAKAH KOMPETISI DIPERLUKAN DIJAMAN SEKARANG ?
      sebuah kompetisi akan selalu diperlukan disetiap jaman, karena jika kita tidak berkompetisi maka kita tidak akan pernah tau sejauh mana pemahaman yang kita miliki, juga kompetisi bisa menjadi sebuah motivasi/acuan untuk kita lebih hebat lagi. Tetapi kita berkompetisi tanpa adanya senja dan menjatuhkan korban jiwa. Kita harus berkompetisi secara sehat. Contohnya kita berkompetisi dalam bidang akademik, kompetisi dalam hal jual beli dll. Tapi jika kita lihat saudara kita di suriah palestina, meraka sedang berkompetisi mempertahankan hak hak dan wilahnya. Sudah banyak sekali korban jiwa. Maka jika kondisinya seperti itu maka kita tidak boleh diam dan harus berkompetisi menggunakan alat perang yang sama seperti musuh.

      APAKAH KOMPETISI MENGUNTUNGKAN SEMUA PIHAK ?
      Jelas Tidak. Sebuah kompetisi tidak ada yang menguntunkan bagi semua pihak. Yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah. Si pemenanglah yang merasa diuntungkan, dan yang kalah lah yang merasa rugi. Jadi sebuah kompetisi tidak menguntungkan semua pihak. Hanya ada satu pihak lah yang merasa diuntungkan yaitu pemenang dalam kompetisi itu.

      1. Haii nama saya Mellia, saya akan memberikan argument mengenai koopetition.
        *Kaitannya perang dunia 1 dan perang dunia 2 dengan koopetisi, pada waktu perang dunia 1 dan perang dunia 2 terjadi kompetisi antara negara sekutu dan blok sentral, pada perang dunia 2 terjadi kompetisi antara negara sekutu dan blok poros. Pada saat perang dunia para negara-negara tersebut berkompetisi untuk menguasai dunia, pada perang dunia negara-negara tersebut menggunakan taktik permainan dalam strategi perangnya dan bekerja sama dg negara-negara yg menjadi sekutunya. Pada saat perang dunia 2 negara-negara yg berperang sudah mulai mengembangkan strategi perangnya dg menggunakan metode ilmiah dan teori permainan untuk memenangkan peperangan.

        *kompetisi sangat diperlukan pada zaman sekarang, tidak hanya pada zaman sekarang pada zaman dulu pun kompetisi sudah dibutuhkan. Kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang karena kompetisi merupakan barometer untuk menentukan atas pencapaian perencanaan jangka panjang dan jangka pendek yang telah dibuat.

        *kompetisi bisa dikatakan menguntungkan dan bisa dikatakan merugikan, tergantung dari kualitas dan kuantitas statement yang dibuat suatu perusahaan, dan yang paling utama hasil riset dilapangan yang akan memberikan hasil dan impact kepada semua pihak, pasalnya kompetisi sudah menjadi jantung didalam pengambilan keputusan dan resiko dalam pengambilan keputusan.

    3. Nama : wika lela
      Npm: 24023115298
      Manajemen B
      1. Apa kaitannya koopetisi dengan PD 1 dan PD 2?
      kompetisi adalah persaingan yang terjadi antara satu pihak dengan pihak lainya, dengan tujuan untuk mendapatkan apa yang mereka perebutkan.
      Kaitan dengan PD 1 dan PD 2 adalah adanya persaingan antar negara contohnya PD 2 yang dimana negara jerman merebutkn kekuasaan wilayah negara lain, maka disana terjadi sebuah kompetisi antara satu negara dengan negara lain, maka mengakibatkan adanya negara yang menang dan negara yang kalah.

      2. Apakah kompetisi di perlukan di zaman sekarang?
      Kompetisi adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan, karena tanpa adanya kompetisi tidak akan ada sebuah pemicu dalam kehidupan untuk lebih maju lagi.
      Contoh kompetisi dalam sebuah perusahaan, antara satu perusahaan berkompetisi dengan perusahaan yang lainnya, maka dari sana akan timbul sebuah pemicu bagi setiap perusahaan untuk memberikan inovasi inovasi yang baru.

      3. Apakah kompetisi menguntungkan kedua belah pihak?
      Menguntung karena dalamm setiap kompetisi akan ada pelajaran yang bisa di ambil.
      Dimana ketika sebuah perusahaan memenangkan persaingan, maka perusahaan akan mendapatkan profit yang lebih banyak lagi.
      Dan keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan yang kalah dalam kompetisi adalah sebuah pelajaran yang di dapatkan dalam kompetisi tersebut, dimana adanya sebuah kekeliruan yang terjadi bisa diantisipasi untuk masa yang akan datang, dan mendapatkan banyak pelajaran untuk mengelola perusahaan agar lebih baik lagi.

      1. Nama : Pani Handayani
        Npm : 24023115299
        Kelas : Manajemen b

        1. Apakah kaitan kompetisi perang dunia 1 dan perang dunia 2 ?
        Kompetisi merupakan awal mula dari sebuah kehidupan yang dimna seblum kita terlahir ke dunia pun kita sudah melakukan kompetisi agar bisa terlahir ke dunia , kaitan dengan perang dunia 1 dan perang dunia ke 2 adalah terjadinya sebuah kompetensi atau persaingan antar negara untuk memperebutkan kekuasaan.

        2. Apakah kompetensi diperlukan d zaman sekarang ?
        Sangat diperlukan karena melihat pada era masa kini persaingan semakin ketat dan pihak yang berkompetisi akan semakin berat , maka apabila tanpa adanya kompetisi kita semakin tertinggal.

        3. Apakah kompetisi menguntungkan semua pihak ?
        Tidak menguntungkan , karena apabila dalam sebuah perusahaan terjadi sebuah kompetisi akan adanya pihak yang menang dan pihak yang kalah ,pihak yang menang sebagai pihak yang diuntungkan dan pihak yang kalah sebagai pihak yang dirugikan maka kompetisi tidak menguntungkan semua pihak .

    4. Fariz Anugrah
      24023115307
      Apa kaitannya perang dunia 1 dan perang dunia 2 dengan kompetisi?
      Kaitannya antara perang dunia 1 dan perang dunia 2 terhadap kompetisi karena adanya persaingan negara-negara lain untuk menguasai suatu wilayah dan seisinya.
      Contohnya seperti negara indonesia yang dijajah oleh negara belanda dan jepang disana terdapat kompetisi atau persaingan antara negara belanda dan jepang untuk menguasai negara indonesia dan sama hal nya dengan perang dunia ke satu untuk menguasai salah satu negara jajahannya. Jdi kompetisi adalah bagian dari perang dunia ke 1 dan perang dunia ke 2

      Apakah kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang?
      Menurut saya kompetisi sangat dibutuhkan dari zaman ke zaman, karena tanpa adanya kompetisi tidak adanya pemicu untuk memotivasi diri untuk lebih baik lagi dari lawan atau pesaing.
      Contohnya pada toko kue larisa dan roseberry yang dimana larisa lebih mengutamakan pada varian produk sehingga membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk bisa meningkatkan penjualan bagi toko kue tersebut. Dari sana kita bisa mengetahui bahwa kompetisi bisa terjadi dalam hal apapun terutama pada perusahaan yang memiliki produk yang hampir sama.

      Apakah kompetisi menguntungkan semua pihak?
      Kompetisi tidak menguntukan untuk semua pihak, karena dalam kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah, yang menang yang akan mendapatkan sebuh keuntungan baik dalam segi fianancial maunpun biologis. Dan bagi yang kalah akan mendapatkan kerugian dalam berbagai hal. Akan tetapi bagi pihak yang kalah harus bisa mendapat sisi baik dalam kompetisi, karena segala sesuatu yang terjadi baik menang ataupun kalah akan mendapatkan pelajaran yang berharga.

  1. Contoh Value Net dalam menganalisis Kursus Bahasa Inggris di Garut adalah:
    Company : MC ICB Garut
    Pesaing MC ICB antara lain: Kursus Bahasa Inggris Liberty, Primagama, SSC, GO, Guru Privat, Tutorial Bahasa Inggris You tube, Buku Belajar Cepat Bahasa Inggris
    Komplemen MC ICB antara lain: Agen Travel, Tourist Information Center, Tempat Wisata, Perusahaan, Internet, Infocus, You Tube
    Pemasok MC ICB: Pengajar, Staf, Penerbit buku dan kamus, admin
    Pelanggan MC ICB: Pelajar, Mahasiswa, Karyawan

  2. Company : Garut Palaza
    Pesaing Garut Plaza antara lain : Intan Bisnis Center ,Yogya, Yoma, Asia Toserba, Ramayana, Pedagang Kaki Lima,Pasar Baru, Pasar Guntur,Pertokoan Jaket Kulit Sukaregang.
    Komplemen Garut Plaza antara lain : Lahan atau Tempat Parkir, Mini Market,Warung,pedagang kaki Lima,Tempat Makan,Time Zone,Security,
    Pemasok Garut Plaza : Grosir,Home Industri pakaian,Home Industri Seragam,Home Industri Busana Muslim,home Industri Jaket Kulit Sukaregang.
    Pelanggan Garut Plaza : Pelajar,mahasiswa,Masyarakat Lokal dan Warga Pendatang atau Wisatawan.

    1. Company.. Telkom/ indihome
      pesaing…. TV Kabel, indosat, xl, trivago, mnc group
      Pemasok… Telkom,perusahaan kabel,perusahaan pemancar
      Pelanggan… Keluarga, kantor, mahasiswa,pelajar,masyarakat,
      Komplemen…. Telkomsel, agen agen, operator lain

  3. Assalamualaikum wr wb..
    Contoh Value Net dalam menganalisis Toko Burayot di Garut
    Company: Toko Burayot
    Pesaing Toko Burayot di garut:
    Toko kue cucur,Toko odading,Toko cakue,Toko kue-kue basah,Toko kue pukis,Tukang gorengan
    Komplemen Toko Burayot di garut:
    Toko kue larissa garut,JCO donut,Bread talk,Toko kue elma patisserie,Toko kue rumah keik,Toko dodol
    Pemasok Toko Burayot Garut:
    Toko grosir,Toko bahan kue,Pembuat kue burayot rumahan
    Pelanggan Toko Burayot Garut:
    Pelajar,mahasiswa,masyarakat lokal,wisatawan domestik,wisatawan asing

    1. Asalam mualaikum.
      Company : Kerudung Rabbani
      Pesaing : meccanism, el- zatta, zoya, shafira, mezora,shasmira,zarra,jenahara,such,qalisya
      Komplemen : internet, laptop, sosial media, Lahan toko ( toko sewaan, ibc garut, ramayana garut. Toko busana Muslim lainya)
      Pemasok : cv. Rabbani Asysa, Cv. Sho Garmindo
      Pelanggan : masyarakat, Dewasa, Anak Anak, perempuan, laki laki, wisatawan, pelajar, mhasiswa,

  4. Value Net dalam menganalisis RSUD dr. Slamet Garut adalah:
    Company : RSUD dr. Slamet Garut
    Pesaing RSUD dr. Slamet Garut antara lain: RS. TNI Guntur Garut, RS. Nurhayati, RS. Baiturohman, RS. Annisa Queen, RS. Intan Husada.
    Komplemen RSUD dr. Slamet antara lain: Bedah/operasi, ICU/NICU, Rawat Inap, Orto/Tulang, Penyakit dalam, IGD, Syaraf, Kejiwaan, Shock Theraphy, VIP/VVIP.
    Pemasok RSUD dr. Slamet : dokter, perawat, apoteker, staff, Pemda (BUMD).
    Pelanggan RSUD dr. Slamet : Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, Pejabat, Pengusaha, Masyarakat Umum.

    1. Value net dalam menganalisi talaga bodas:
      Company Talaga Bodas
      Pesaing kawah papandayan, kawah kereta api, kawah darajat, gunung papandayan, kebun mawar, curug papandayan
      Pemasoko : warga masyarakat kabupaten garut, luar daerah dan turis asing
      pelanggan : warga masyarakat kabupaten garut dan luar daerah dan turis asing

      1. Value Net dalam menganalisis RSUD dr. Slamet Garut adalah:
        Company : RSUD dr. Slamet Garut
        Pesaing RSUD dr. Slamet Garut antara lain: RS. TNI Guntur Garut, RS. Nurhayati, RS. Baiturohman, RS. Annisa Queen, RS. Intan Husada.
        Komplemen RSUD dr. Slamet antara lain: Lahan Parkir, PKL Makanan, dokter dari RS lain, dll.
        Pemasok RSUD dr. Slamet : dokter, perawat, apoteker, staff, Pemda (BUMD).
        Pelanggan RSUD dr. Slamet : Pelajar, Mahasiswa, Karyawan, Pejabat, Pengusaha, Masyarakat Umum.

  5. Company : car wash
    Pesaing car wash : tempat car wash yang lebih murah, dengan kualitas yang bagus
    Komplemen : Internet, laptop, sosial media, smart phone, selebaran, iklan, perushaan, youtube
    Pemasok : perushaan air, perushaan lap, perusahaan kanebo, sdm yang ahli, peralatan cuci hidrolik, peralatan cuci robotik, warung
    Pelanggan : masyarakat sekitar, masyarakat luar daerah, orang orang yang memiliki mobil

  6. company : restoran cibiuk
    pesaing : RM. al maidah, RM saung gurame, RM, astro, RM sarasa, RM saung lasmini
    komplemen : pedagang makanan kaki lima, warung makanan, tempat parkir
    pemasok : pasar sayuran, pedagang daging, pedagang kaki lima, RM almaidah
    pelanggan : pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, masyarakat dan wisatawan

  7. Value net dalam menanalisis toko jaket kuit !
    Company : Toko jaket kulit Garut
    Pesaing : toko jaket imitasi kulit,distributor eceran,toko distro clothing,onilne shop
    Pemasok : pengrajin jaket kulit,penjual kulit domba,penjual atribut menjahit
    Pelanggan : masyarakat,organisasi masyarakat,wisatawan
    Komplemen : intetnet , online shop , ruko ruko

  8. Value net dalam menganalisis Wisata Papandayan:
    Company Wisata Papandayan
    Pesaing :Wisata Kawah darajat, Wisata kawah Kamojang, Wisata Talaga Bodas, PCG ,
    Pemasok : Air panas. pemandangan, onder ground. penginapan.
    pelanggan : warga masyarakat lokal kabupaten garut , luar daerah dan turis asing

  9. Value net analysis

    Company: PT.Dodol Picnic

    Pesaing:
    •pabrik dodol lain seperti:
    Dodol citra,dodol hade,dodol hadidjah,dodol aroma,dodol herlinah cipta pratama.
    •pabrik makanan khas garut lainnya
    •toko kerupuk kulit
    •toko kue tradisional khas garut

    Pelanggan:
    •masyarakat luas
    •pelancong / wisatawan luar daerah
    •diekspor ke luar negeri

    Komplementor:
    •produsen makanan tradisional lain
    •rumah makan besar yang sering kali menyediakan makanan khas garut
    •sentra oleh oleh
    •agen agen dodol picnic
    •internet,social media,onlineshop
    •pameran oleh oleh khas garut

    Pemasok:
    •produsen gula aren
    •produsen tepung ketan
    •produsen kelapa
    •toko bahan bahan kue
    •alat alat dan mesin produksi
    •pegawai

  10. Value Net dalam menganalisa BANK BNI adalah :
    Company : BANK BNI
    Pesaing BANK BNI antara lain :Bank Mandiri, BRI, BCA,dan Bank CIMB Niaga
    Komplemen BANK BNI antara lain : BNI Management, BNI Multifinance,BNI Lifr,BNI Remittance
    Pemasok BANK BNI antara lain : Bank Indonesia,Bank Dunia,IMF
    Pelanggan BANK BNI antara lain : Masyarakat,Pelajar,Buruh,PNS

  11. Values net dalam menganalisis Soto Ahri
    Company : Soto Ahri
    Pesaing : warung nasi..Warteg.. Rumah makan seefood..Tukang sate..Rumah makan Padang..
    Komplemen : pasar mandalagiri, tempat sewaan, gerobak, sosmed, teh botol Sosro
    Pemasok : pasar tradisional, pedagang daging, pabrik kecap..
    Pelanggan : masyarakat, pelajar, wisatawan lokal, acara resepsi, pegawai kantoran

  12. Value net dalam menganalisis RM PADANG BUNGO TANJUNG

    Company : RM BUNGO TANJUNG
    Pesaing : Warung Nasi khas Sunda , Soto , Sate , Baso
    Komplemen : pasar , tempat parkir , agen minuman , sosmed
    Pemasok : tukang sayuran , tukang daging ayam dan sapi , agen minuman , tukang kerupuk
    Pelanggan : masyarakat , pekerja , mahasiswa , pelajar

  13. Value Net dalam menganalisis Delman di Kab.Garut.
    -Company : Delman
    -Competitor (Pesaing) Delman : Becak, Ojek, Angkot, dan Taxi.
    -Complementor Delman : Pejalan Kaki, dan Becak.
    -Suppler (Pemasok) Delman : Kuda, Kusir, Grobak Kuda Beserta Aksesoris Kudanya, Penjual/Pengrajin Sepatu Kuda, Penjual Pakan Kuda, Pasar Guntur, Jalan Simpang Lima, Jalan PEMDA, dan Tempat-Tempat Lainnya.
    -Costumer (Pelanggan) Delman : Pelajar, Mahasiswa, Karyawan Swasta, Pegawai Negri, Kalangan Masyarakat, dan Wisatawan.

  14. Selamat Pagi
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Value net analysis

    – Perusahaan (company) : Gedung Mutiara Cipanas Garut

    – Pesaing (competitor) Gedung Mutiara Cipanas Garut adalah : Gedung Graha Intan Balarea Garut, Gedung Hikmat, Gedung PGRI, Gedung KNPI
    – Pendukung (complement) : internet, fotografer, catering, musik live
    – Pelanggan (costumers) : Masyarakat, intansi-intansi
    – Pemasok (suppliers) : EO dan WO

    Alhamdulillah….

  15. Assalamualaikum

    Value net dalam menganalisis makanan lotek
    company : lotek
    pesaing : makanan modern , makanan tradisonal lainnya
    pemasok : penjual sayuran
    pelanggan : masyarakat luas
    komplemen ; masyarakat sekitar

  16. Assalamualaikum
    value net dalam menganalisis persis
    comapany : persis
    pesaing : dalur arqom
    pemasok : cabang pesantren dan masyrakat
    pelanggan : masyrakat luas
    komplemen : masyrakat sekitar

  17. Ass…

    Value Net dalam menganalisa CFD adalah :
    Company : CFD
    Pesaing : kerkop, Garut Plaza, IBC
    Komplemen : alum – alun garut, tempat bermain anak –
    anak, makanan , minuman, pakaian2
    anak – anak sampai dewasa Dan masi
    bnyak lagi..
    Pemasok : tempat dari Jalan Ahmad yani sampai dengan
    Jalan cimanuk,,, pedagang2 toko hingga
    pedagang kaki lima.
    Pelanggan : anak – anak, remaja, dewasa, orange tua,
    bayi pun ada.

  18. Assalamualaikum wr.wb

    Value net dalam menganalisis : cafe d’anclom adalah :
    Company : cafe d’anclom
    Pesaing cafe d’anclom: cafe djawara, cimoney,food publoc,cape roompee,cafe cargo,cafe abrakadabra,reachees,pedagang ceplak,warung nasi,sollaria,kfc,cafe goah gumilar,cafe tirex steach cafe menume dan banyak lagi tempat kuliner lainnya.
    Komplemen cafe d’anclom: lahan parkir motor sama mobil,music,decorasi atau hiasan dinding dan tata ruang,fasilitas wc , family room dan variasi makanan serta minuman .
    Pemasok cafe d’anclom: agent sayuran, pasar lokal,supermarket,pedagang daging,pedagang buah,pembuat bahan minuman.
    Pelanggan cafe d’anclom:mahasiswa,masyarakat setempat,masyatakat luar ,wisata asing maupun lokal, pelajar,pegawai .

  19. Company : bakso mulang sari
    Pesaing bakso mulang sari : mie ramen gorila, mie ramen bajuri, mie ramen ranjang 69 , bakso parahyangan, bakso sipeueut , seblak, bakso cuanki , bakso kaki lima , mie ayam.
    Komplemen bakso mulang sari : tempat makan luas, lahan parkir luas, wc, minuman.
    Pemasok baso mulang sari : tukang mie , tukang kecap, tukang saus, tukang minuman.
    Pelanggan bakso mulang sari : pelajar ,mahasiswa, pegawai, masyarakat.

  20. Value Net dalam menganalisis penjualan ramen gorila
    Company : ramen gorila
    Pesaing : ramen ranjang 69, ramen bajuri, pedagang mie keliling
    Komplemen : lahan parkir, indor, Autdor, cas hp, wc, live musik
    Pemasok : agen, pasar tradisional, supermarket
    Pelanggan : mahasiswa, pelajar, masyarakat, wisatawan

  21. Company : NASI KUNING
    Pesaing NASI KUNING : BUBUR AYAM, LENGKO & penjual sarapan lainnya.
    Komplemen : Keluarga, teman si pengusaha.
    Pemasok : Pedagang beras, pedagang sayuran.
    Pelanggan : Bapak-bapak yang doyan sarapan, Ibu-ibu yang demen sarapan, anak-anak maupun orang dewasa.

  22. Perusahaan : Kampung Sumber Alam Cipanas
    Pelanggan : Turis Lokal, Luar Daerah, Turis Asing, Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah
    Pesaing : Sabda Alam Hotel & Resort, Hotel Tirtagangga, Hotel Augusta, Kampung Sampireun, Green Hotel Kamojang dll.
    Komplementor : Dinas Pariwisata Kab. Garut, Tourist Information Centre, Media Online (Traveloka, pegi-pegi dll), Agen Travel, PHRI (Bpk Tanto Sudianto dkk.)
    Pemasok : Pengelola Sumber Air Panas Cipanas, Petani dan peternak Lokal (Kopi, Teh, buah-buahan, Beras, Sayuran, ikan, daging dll), Staf, Chef

  23. Assalamualaikum
    Selamat malam ibu,,
    Perusahaan: Bunda Umar
    Pelanggan: ibu-ibu, remaja wanita, dan perempuan-perempuan lain nya pecinta perawatan.
    Pesaing: salon-salon perawatan/kecantikan
    Komplemen: tempat yang nyaman, bersih, sunyi, tenang, harga terjangkau, tempat yang mudah di datangi, parkir luas, pegawainya ramah.
    Pemasok: sabun-sabun, alat- alat untuk kecantikan, jasa pegawai yang bisa mijit, bahan-bahan untuk perawatan.

  24. Value net dalam menganalisis alfamart
    Company : Alfamart Jayaraga
    Pesaing : Yomart , Indomart , warung kelontongan di daerah sekitar alfamart jayaraga
    Pemasok : produk makanan dalam maupun luar negeri
    Pelanggan : Masyarakat sekitar , dalam kota maupun luar kota
    komplemen : Ruko ruko , internet , brosur harga

  25. Kaitan PD 1 dan PD 2 dengan koopetisi?
    Kaitan antara PD 1 dan PD 2 dengan koopetisi yaitu pada periode tersebut negara besar saling berkompetisi untuk menguasai suatu wilayah yang memiliki sumber daya yang potensial, dimana kompetisi tersebut tidak hanya melibatkan dua negara saja yang berselisih, tapi setiap negara saling bekerjasama dengan membentuk aliansi-aliansi nya masing-masing untuk mencapai tujuan nya. Para Negara tersebut menerapkan sistem koopetisi dimana mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan nya. Manfaat berkoopetisi bagi Negara di PD 1 dan PD 2 salah satunya adalah mereka dapat mengurangi ancaman dari Negara lain atau aliansi Negara lain, selain itu dapat menambah kekuatan militer mereka untuk memenangkan peperangan dengan pihak musuh. Jika kita lihat sejarah kita akan tahu bagaimana Amerika bekerja sama dengan China terkait misi Pemboman Hirosima dan Nagasaki di Jepang, yang membuat jepang menyatakan menyerah dan imbas nya pun membuat Indonesia memproklamirkan kemerdekaan nya. Itu salah satu contoh dimana koopetisi sangat berhubungan dengan PD 1 ataupun PD 2.

    Apakah Kompetisi dibutuhkan jaman sekarang?
    Kompetisi selalu dibutuhkan walaupun sampai akhir zaman, bahkan sebelum lahirpun kita harus berkompetisi untuk dapat diam di Rahim ibu kita, lalu dalam islam pun dikatakan berlomba-lomba lah dalam kebaikan. Dengan adanya kompetisi kita dapat mengetahui apa kekurangan kita, motivasi hidup kita akan lebih tinggi. Kalau kalian pernah menonton Anime One Punch Man, dimana sang pemeran utamanya superhero yang bernama Saitama merasa bosan karena dirinya terlalu kuat dan dirinya terus menantikan lawan yang dapat menandingi kekuatannya hingga ia bosan menunggu. Disitu kalian akan mengerti sangat bosan rasanya nya hidup tanpa adanya saingan. Contoh lainnya kita lihat Deddy Corbozier dimana dia rela banting stir dari seorang pesulap ke bidang lain karena dirinya merasa tidak punya rival dibidangnya yang terdahulu. Kesimpulan nya kompetisi itu akan selalu dibutuhkan baik dulu, sekarang ataupun dimasa yang akan datang, because life without competition is boring..

    Apakah Koopetisi benar-benar menguntungkan semua pihak?
    Tentu tidak, koopetisi hanya menguntungkan bagi para stakeholder didalam nya. Dalam kompetisi selalu ada yang kalah dan menang, pihak yang menang tentu akan diuntungkan tetapi pihak yang kalah tentu akan merasa dirugikan. Di dalam koopetisi pihak yang memiliki power merupakan pihak yang paling di untungkan, sedangkan pihak yang dibawahnya hanya menjadi pengikut saja. Karena apabila pihak atau kita sebut saja perusahaan dibawah naungan tersebut ingin berdiri sendiri maka perusahaan tersebut akan berubah dari teman menjadi lawan dan tentu kan menjatuhkan perusahaan yang keluar tersebut.

  26. APA KAITANNYA PD 1 DAN PD 2 DENGAN KOMPETISI ?
    yaitu negara saling bersaing satu sama lain untuk memenangkan peperangan dan menguasi wilayah serta seisi wilayah tersebut seperti rempah-rempah, batu bara dll. Makna dari kata kompetisi yaitu adanya persaingan, perselisihan dan kerja sama tim yang kuat. Dan sebuah kompetisi harus adanya kata yang menang dan yang kalah dalam kompetisi tersebut. Apabila sudah keluar pemenang dan yang kalah maka kompetisi tersebut berakhir.

    apakah kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang?
    kompetisi sangat diperlukan pada zaman sekarang, tidak hanya pada zaman sekarang pada zaman dulu pun kompetisi sudah dibutuhkan. Kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang karena kompetisi merupakan barometer untuk menentukan atas pencapaian perencanaan jangka panjang dan jangka pendek yang telah dibuat.

    apakah kompetisi menguntungkan semua pihak?
    Sebuah kompetisi tidak ada yang menguntunkan bagi semua pihak. Yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah. Si pemenanglah yang merasa diuntungkan, dan yang kalah lah yang merasa rugi. Jadi sebuah kompetisi tidak menguntungkan semua pihak.

  27. Hai, saya Restu ini argumen saya tentang koopetisi
    👇👇👇
    1. Kaitan antara perang dunia 1 dan 2 dengan koopetisi adalah Pada tahun 1914 pd saat terjadinya perang dunia ke 1 blum ada koopetisi dimana pd saat itu yg trjadi hanya kompetisi tanpa kerja sama yg setiap negara (blok) hanya memikirkan tentang kekuasaan dan kekuatan suatu blok. Sedangkan koopetisi baru d kembangkan sejak ada perang dunia ke 2 yaitu tahun 1939 dimna setiap negara mulai memikirkan strategi2 tertentu dalam memenangkan kompetisi tersebut yaitu dengan kompetisi dan d barengin dengan kerjasama yg baik antar negara yg dpt menghasilkan nilai lebih (daya saing menguat) dalam suatu blok.

    2. Kompetisi diperlukan pada jaman sekarang karena menurut pendapat saya kompetisi perlu dan sangat dibutuhkan untuk memotivasi dan memperkuat tekad untuk memenangkan suatu persaingan. Dan bisa mengkoreksi sesuatu yg salah apabila gagal dalam berkompetisi.

    3. Koopetisi benar2 menguntungkan semua pihak, menurut saya sangat menguntungkan bagi mereka yg mampu berkompetisi. karena, dapat meningkatkan daya saing yg tinggi dan sehat kemudian dapat mengembangkan produk baru dan lebih berinovasi karena adanya persaingan tersebut.

  28. Rena Anggraeni
    24023115304

    1. Kaitan antara PD 1 dan PD 2 dengan Koopetisi.
    Kaitan antara PD 1 dan PD 2 dengan Koopetisi yaitu dimana pada saat berlangsungnya peperangan antar negara- negara besar seperti jerman, rusia, amerika yang terjadi cukup lama dan banyak menimbulkan dampak secara kompleks terhadap berbagai aspek kehidupan di masa itu. Koopetisi yang merupakan suatu bentuk kompetisi sekaligus kerjasama pada saat peperangan banyak dianut oleh negara-negara pelaku peperangan yang bertujuan untuk meraih kemenangan melalui strategi perang yang lebih unggul dari segi kekuatan perang, skala, teknologi senjata dll karena adanya kerjasama tersebut, namun tetap dalam kondisi yang kompetitif untuk bersaing satu sama lain. Salah satu contoh dari adanya koopetisi tersebut dapat dilihat dari kerjasama antara negara China dan Amerika atau yang kita sebut sebagai sekutu, mereka berhasil menaklukan jepang dengan melakukan pemboman di dua ibu kota besar jepang yaitu Hirosima dan Nagasaki. Yang meluluhlantahkan seluruh kota sehingga membuat jepang takluk dan menyerah kepada pihak sekutu. Dari situ saja dapat diketahui bahwa koopetisi sangat berperan dalam membuat strategi untuk memenangkan perang pada PD 1 dan PD 2.

    2. Kompetisi di butuhkan pada jaman sekarang
    Kompetisi tentu dibutuhkan pada saat sekarang karena tanpa adanya kompetisi manusia tidak akan memiliki gairah atau semangat untuk melakukan usaha-usahanya dengan maksimal untuk meraih apa yang dicita-citakannya. Dengan adanya sebuah kompetisi akan menjadi media atau tolok ukur tersendiri bagi setiap manusia dalam mencapai apa yang menjadi target dalam hidupnya. Kompetisi juga dapat melatih dan mengembangkan setiap kemampuan dan kualitas dari setiap individu. Selain itu, dengan adanya kompetisi akan menjadi tolak ukur tersendiri bagi individu dalam mengevaluasi setiap rencana maupun kinerja dalam hidupnya. Dari semua itu, dapat disimpulkan bahwa kompetisi sangat bermanfaat untuk memupuk dan menanam suatu sinergi positif dalam diri setiap individu, khususnya dalam mengasah bakat dan kemampuan dalam hal persaingan yang positif. Tanpa adanya kompetisi tidak akan ada kreativitas juga daya saing dari setiap individu. Kompetisi tidak hanya tentang mengalahkan lawan namun juga tentang menaklukan diri sendiri untuk senantiasa bekerja keras dan selalu memperbaiki diri. Kompetisi saat ini sangat melekat pada kehidupan kita, namun yang terjadi kompetisi banyak dilakukan secara tidak sehat, dengan demikian kompetisi yang dibutuhkan saat ini ialah kompetisi yang sehat yang objektif dan suportif.

    3. Koopetisi tidak selalu menguntugkan bagi semua pihak
    Koopetisi memang memiliki dampak yang baik, dimana dampak baik tersebut ialah dapat meningkatkan sinergi antar pihak yang terkait, menambah kekuatan dll. Namun terkadang keuntungan ini hanya dapat diraih oleh mereka yang memiliki power tertentu dalam suatu Koopetisi tertentu seperti halnya kedudukan, korelasi, dll. Sedangkan bagi mereka yang yang tidak memiliki power tersebut cenderung kurang mendapatkan keuntungan bahkan justru merugi.

  29. FIA FITRI NURLATIFAH
    24023115324

    1.APA KAITAN NYA PERANG DUNIA KE 1 DAN 2 DENGAN KOOPETISI?
    JAWAB: kaitan dengan perang dunia ke 1 dan 2 dengan koopetisi adalah dimana pada periode tersebut negara-negara besar bersaing untuk mendapatkan atau menguasai suatu wilayah yang terdapat sumber daya yang potensial dimana membentuk suatu aliansi dengan berbagai negara untuk dapat mencapai tujuan nya. Dimana koopetisi itu sendiri adalah strategi atau kerja sama yang diterapkan oleh negara-negara yang ikut dalam peperangan dunia ke 1 dan ke 2 untuk mendapat kan tujuan nya.

    2. APAKAH KOMPETISI DIPERLUKAN PADA JAMAN SEKARANG?
    JAWAB: kompetisi tentu nya sangat dibutuhkan pada jaman sekarang karena kompetisi itu sendiri merupakan sebuah tolak ukur agar seseorang dapat berusaha dan mengevaluasi diri nya sendiri apabila ingin mendapatkan seseuatu. Kompetisi itu sendiri dapat menjadi sarana berlatih dan mengembangkan kemampuan seseorang dan kualitas seseorang. Kompetisi itu sendiri dapat dirasakan dalam kehidupan hari-hari namun untuk beberapa kompetisi sering terjadi kompetisi yang tidak sportif, nah dari kompetisi-kompetisi itu kita belajar untuk berkompetisi secara sportif.

    3. APAKAH KOOPETISI BENAR-BENAR MENGUNTUNGKAN SEMUA PIHAK?
    JAWAB: menurut saya koopetisi tentu nya akan menguntungkan bagi semua pihak, karena sebelum berkerja sama untuk pencapaian suatu tujuan tentu nya ada kesepakatan-kesepakatan yang di setujui karena pada dasarnya apabila berkerja sama tentu nya ingin mendapatkan keuntungan. Namun terkadang koopetisi atau kerja sama tidak selalu menguntungkan terlebih apabila yang menjalankan kerja sama tersebut tidak konsisten dengan apa yang telah di setujui.

  30. M Dewi Anggi Maharani (2402314024)

    1. menurut saya, kaitan PD1 & PD2 dengan koopetisi yaitu negara negara besar pada saat itu bersaing untuk memperebutkan suatu wilayah yang mempunyai sumber daya alam seperti batu bara, rempah rempah, dll. meskipun mereka bersaing tetapi di satu sisi mereka bekerja sama untuk memenangkan suatu peperangan dan mencapai tujuannya.

    2. memurut saya, kompetisi diperlukan di zaman sekarang karena dengan adanya kompetisi bisa menjadi tolak ukur seseorang, perusahaan atau lainnya untuk bisa menjadi lebih baik dari pesaing nya., dan juga bisa menumbuhkan inovasi dan ide ide untuk bisa lebih berkembang dibandingkan sebelumnya da pesaingnya.

    3. menurut saya koopetisi tidak menguntungkan semua pihak karena, koopetisi diperlukan bagi orang orang yang bisa berkompetisi sekaligus bekerjasama di satu waktu yang sama

  31. Dimas Pratama Putra
    24023115292

    1) Apa kaitannya PD 1 dan PD 2 dengan kompetisi?
    yaitu negara saling bersaing satu sama lain untuk memenangkan peperangan dan menguasi wilayah serta seisi wilayah tersebut seperti rempah-rempah, batu bara dll. Makna dari kata kompetisi yaitu adanya persaingan, perselisihan dan kerja sama tim yang kuat. Dan sebuah kompetisi harus adanya kata yang menang dan yang kalah dalam kompetisi tersebut. Apabila sudah keluar pemenang dan yang kalah maka kompetisi tersebut berakhir.

    2) Apakah kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang?
    kompetisi sangat diperlukan pada zaman sekarang, tidak hanya pada zaman sekarang pada zaman dulu pun kompetisi sudah dibutuhkan. Kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang karena kompetisi merupakan barometer untuk menentukan atas pencapaian perencanaan jangka panjang dan jangka pendek yang telah dibuat.

    3) Apakah kompetisi menguntungkan semua pihak?
    Sebuah kompetisi tidak ada yang menguntunkan bagi semua pihak. Yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah. Si pemenanglah yang merasa diuntungkan, dan yang kalah lah yang merasa rugi. Jadi sebuah kompetisi tidak menguntungkan semua pihak.

  32. Fitri andriyani
    24023115294

    1) Pada negara yang saling bersaing satu sama lain untuk memenangkan peperangan dan menguasi wilayah serta seisi wilayah tersebut seperti rempah-rempah, batu bara dll. Makna dari kata kompetisi yaitu adanya persaingan, perselisihan dan kerja sama tim yang kuat. Dan sebuah kompetisi harus adanya kata yang menang dan yang kalah dalam kompetisi tersebut. Apabila sudah keluar pemenang dan yang kalah maka kompetisi tersebut berakhir.

    2) Kompetisi sangat diperlukan pada zaman sekarang, tidak hanya pada zaman sekarang pada zaman dulu pun kompetisi sudah dibutuhkan. Kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang karena kompetisi merupakan barometer untuk menentukan atas pencapaian perencanaan jangka panjang dan jangka pendek yang telah dibuat.

    3) Sebuah kompetisi tidak ada yang menguntunkan bagi semua pihak. Yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah. pemenanglah yang merasa diuntungkan, dan yang kalah lah yang merasa rugi. Jadi sebuah kompetisi tidak menguntungkan semua pihak.

  33. Ai windi
    2402314005

    1.APA KAITANYA PERANG DUNIA KE 1 & 2 DENGAN KOOPETISI?
    Jawab : kaitan perang dunia ke 1 dan 2 dengan koopetisi adalah yang dimana pada priode tersebut negara-negara besar bersaing untuk mendapatkan atau menguasai suatu wilayah yang terdapat sumber daya yang potensial dimana membentuk suatu aliansi dengan berbagai negara untuk dapat mencapai tujuanya. Dimana koopetisi iti sendiri adalah setrategi atau kerja sama yanh d terapkan oleh negara-negara yang ikut dalam peperangan dunia ke 1 dan 2 untuk mendapatkan tujuannya .

    2. APAKAH KOMPETISI DI PERLUKAN DI JAMAN SEKARANG?
    Sebuah kompetisi akan selalu di perlukan di setiap jaman. Karena jika kita tidak berkompetisi maka kita tidak akan pernah tau sejauh mana wawasan dan pemahaman yang kita miliki, engga hanya itu saja kompetisi juga bisa menjadikan sbuah motivasi / acuan untuk kita lebih hebat lagi, tetapi kita berkompetisi tanpa adanya senja dan menjatuhkan korban jiwa, kita harus berkompetisi secara baik dan sehat.
    Contohnya : kita berkompetisi dalam bidang bisnis atau akademik dll. Tetapi kalau kita lihat saudara kita di suriah palestina ,mereka sendiri berkompetisi mempertahankan hak-hak mereka dan wilayahnya agar wilayahnya tidak di ambil oleh orang lain. Tidak hanya sedikit korban jiwa, maka jika kondisinya seperti itu kita tidak boleh diam dan harus berkompetisi menggunakan alat yang lebih canggih dari pada musuh.

    3. KOOPETISI TIDAK SELALU MENGUNTUNGKAN BAGI SEMUA PIHAK
    Sebuah koopetisi tidak ada yang menguntungkan bagi semua pihak karena koopetisi pasti ada yang menang dan ada juga yang kalah tidak seterusnya akan menang dan kalah.
    Namun keuntungan dalam koopetisi ini hanya dapat di raih oleh mereka yang memiliki power tertentu dalam suatu koopetisi. Sedangkan bagi yang tidak memiliki power cenderung tidak akan memiliki keuntungan dalam bidang tersebut bahkan bisa jadi mendapatkan kerugian.

  34. 1. Apa kaitannya Perang Dunia 1 dan 2 dengan koopetisi ?
    Kaitannya jika keduanya dihubungkan dengan koopetisi yang pada intinya pada kedua tragedi tersebut sama-sama ada sesuatu hal yang mana terdapat ras kejasama serta persaingan untuk memenangkan Perang, bagaimana strategi – strategi yang digunakan untuk memenangkan peperangan, peperangan diibaratkan sebagai kompetisi yang di dalamnya tentunya terdapat dua pilihan antara menang dan kalah, kolaborasi antara persaingan dengan kerjasama untuk menciptakan suatu hal Baru atau menciptakan reformasi Baru dalam suatu negara khusunya di dunia sehingga dalam peperangan sangat dibutuhkan Ada nya kompetisi untuk memacu motivation dan kerjasama untuk menggapai Tujuan yang ditargetkan.
    2. Apakah kompetisi diperlukan untuk jaman Sekarang ?
    Menurut pendapat saya jika dilihat Dari perkembangan jaman kompetisi saat ini sedang gencar- gencar nya terjadi banyak nya kompetisi menimbulkan dampat yang positif maupun negative, positif nya adalah dapat terjadi nya kreasi -kreasi baru, inovasi -inovasi Baru untuk menciptakan suatu hal yang Baru. Selain itu memunculkan dorongan motivation dalam diri agar dapat bersaing dan berkolaborasi dalam kompetisi tersebut. Selain itu alasan penting nya kompetisi adalah Manusia berkompetisi karena kompetisi adalah sesuatu yang dibutuhkan manusia sejak lahir. Bahkan sejak zaman manusia purba, mereka sudah saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan atau wilayah untuk tempat tinggal. Pada dasarnya manusia ingin menjadi pribadi yang lebih baik daripada orang lain. Sikap kompetitif ini dapat berupa kompetisi sehat dan tidak sehat. Diharapkan setiap manusia mampu bersaing dan berkomeptisi secara sehat.
    Selain berkompetisi, manusia juga harus berkolaborasi. Seperti pada sejak lahir bahwa manusia adalah mahluk sosial. Banyak kemampuan manusia lainnya tidak terdapat pada orang-orang lain. Melalui berkolaborasi diharapkan manusia saling melengkapi dan mampu menciptakan atau meraih tujuan kehidupannya.
    3. Apakah Koopetisi menguntungkan semua pihak?
    Pada dasarnya menurut sudut pandang saya sebagai mahasiswa koopetisi tidak selalu menguntungkan bagi semua pihak, pada dasarnya dalam suatu hal pasti terdapat negative dan positif nya begitu hal nya dengan adanya koopetisi. Koopetisi dapat menguntungkan maupun merugikan tergantung bagaimana sumber Daya Manusia nya yang mampu mengelola hal tersebut. Selain itu jika dengan adanya suatu kolaborasi yang baik atau kerjasama yang baik serta persaingan yang sehat tentunya timbal balik yang akan di terima pun akan baik Pula sehingga hasil yang diinginkanpun akan sesuai dengan apa yang diinginkan dan tentunya akan menguntungkan. Sebaliknya jika dalam kolaborasi atau kerjasama yang kurang baik maka hal tersebut akan menjadi boomerang karna tata pengelolaan yang kurang baik serta di barengi dengan persaingan yang sehat tidak sehat maka timbal balik yang di terima adalah kerugian dikarena bberapa hal yang tidak dapat di tangani dengan baik sehingga akan berdampak pada Tujuan atau target yang akan di capai.

  35. 1. Kaitan Perang Dunia 1 dan 2 dengan koopetisi
    Kaitan Perang Dunia 1 dan 2 dengan koopetisi adalah negara-negara yang terlibat saling bersaing dalam menguasai wilayah, termasuk sumber daya alam yang ada di dalamnya. Selain bersaing, negara-negara yang terlibat saling bekerja sama dengan negara sekutunya dalam penguasaan wilayah dan pengembangan teknologi pada peralatan yang digunakan dalam peperangan, contohnya bom nuklir.

    2. Perlunya kompetisi di masa sekarang
    Kompetisi masih diperlukan pada masa sekarang bahkan di masa depan karena kehidupan tidak akan luput dari persaingan. Dengan adanya kompetisi, suatu individu atau kelompok mau tidak mau harus mengembangkan inovasi maupun gagasan agar lebih baik dari pesaingnya.

    3. Keuntungan adanya koopetisi
    Dalam persaingan selalu ada kalah dan menang. Ketika pihak yang satu meraih keuntungan dari koopetisi, maka pihak yang lainnya harus dapat menemukan peluang sehingga tidak akan merasa dirugikan bahkan meraih keuntungan yang setara.

  36. Nama : Nida Aryanni
    24023115289
    1. Apa kaitanya PD1 dengan PD2
    Dimana dalam perang ini mereka saling bersaing untuk memenangkan peperangan dan berusaha untuk menguasai wilayah wilayah yang ada dan menciba mengambil kekayaan yang ada sepeti rempah² dll.,dan dimana dala kopetisi pasti ada yang menang dan kalah
    2. Apakah kopetisi diperlukan di zaman sekarang
    Ya sangat diperlukan,karna dengan kopetisi kita dapat melihat kemampuan seseorang,dmana dengan adanya kopetisi kita dapat meningkatkan kreativitas seseorang, dapat memotivasi menjadi lebih baik dll
    3.apakah kopetisi menguntungkan banyak pihak
    Tentu tidak, karna dimana dalam kopetisi pasti ada yang merasa dirugikan,dan tidak smua kopetisi bersifat adil dan jujur yang dimana itu dapat membuat sebagian pihak merasa tidak adil

    1. Abdul tanji rustandi
      2402314002
      1. Kaitan PD1 dan PD 2 dengan koopetisi?
      Dengan koopetisi negara besar pada waktu bersaing untuk menguasai daerah atau negara yang menurut mereka berpotensi dalam segi kekayaan alamnya dengan di terapkan nya koopetisi negara negara bekerjasama untuk memenangkan peperangan sekaligus bersaing untuk mendapatkan hak dan tujuan yang mereka inginkan
      2. Kompetisi di perlukan di zaman sekarang?
      Kompetisi di perlukan di zaman sekarang karena dengan di terapkan nya kompetisi bisa menjadi acuan atau tolak ukur bagi setia organisasi atau perorangan. Dengan di terapkannya kompetisi perusahaan dapat mengevaluasi, dapat mengetahui peluang bisnis dan dapat bersaing dengan pesaing.
      3. Koopetisi tidak selalu menguntungkan
      Menurut sayang koopetisi tidak selalu menguntungkan pada dasarnya koopetisi merupakan. Kerja sama sekaligus bersaing, koopetisi di katakan tidak selalu menguntungkan karna koopetisi memiliki nilai positif dan negativ.
      Contoh pada zaman perang dunia 2 terdapat 2 blok yaitu blok sekutu dan blok sentral.
      Blok sekutu menerapkan sistem koopetisi dimana mereka bekerja sama untuk memenangkan perang dan sekaligus bersaing untuk mendapatkan hak kekuasaan.

  37. Etty Suryani Lubis
    24023115313
    Competitation perusahaan dengan perusahaan lain menurut saya wajar karena jika tidak ada kompetisi tidak akan ada perubahaan bagi perusahaan pentingnya kompetisi untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut asal kompetisinya secara sehat.
    Terkadang kompetensi yang tidak sehat dapat mengakibatkan keterpurukan sesuatu perusahaan.
    Jika mengulas apakah kompetisi boleh atau tidak?
    Tentu saja boleh jika masih dalam undang undang yang sudah di tetapkan pada prosedur kerja sama.
    Yang tidak boleh itu jika kompetisi di lakukan dengan cara bersaing di luar prosedur.

  38. Nio Mardani
    2402314030
    1. Apa kaitanya PD1 dan PD2 dengan koopetisi?
    Ketika PD 1 dan PD 2 berkecamuk, ada beberapa persekutuan yang terbentuk. Sepertj pada perang dunia ke 2. Ketika itu Sekutu yang di dukung amerika, Inggris, perancis serta belanda menyerang negara fasisme jerman dan jepang. Ketika itu negara – negara yang tergabung dalam blok sekutu (allied) bekerja sama untuk menghancurkan jerman yg di pimpin Nazi. Di samping bekerja sama, mereka juga berusaha untuk mendapatkan kembali kekuasaan serta sumber daya alam yg mereka miliki yg telah di kuasai nazi agar jangan sampai jatuh ke tangan salah satu negara sekutu. Maka di sinilah terjadi koopetisi. Dimana tiap – tiap negara sekutu bekerja sama berusaha untuk menghancurkan NAZI di samping itu mereks juga bersaing untuk mendapatkan kembali wilayah, kekuasaan serta sumber daya alam yg telah NAZI rebut agar tidak berkurang atau jatuh ke salah satu negara sekutu.
    2. Apakah kopetisi diperlukan di zaman sekarang
    Koopetisi akan di perlukan apalagi di zaman sekarang dimana persaingan begitu ketat. Dengan koopetisi orang akan bersaing dan berusaha untuk meningkatkan pelayanan serta kualitas dari produk dan jasa yg kita miliki. Dengan koopetisi juga konsumen akan tahu kualitas produk kita. Bekerjasama dan bersaing saling menguntungkan untuk meningkatkan profit dan kualitas produk.
    3.apakah koopetisi menguntungkan banyak pihak?

    Koopetisi merupakan sebuah kerjasama dan dibarengi dengan persaingan. Tentu dalam beberapa hal semuanya di untungkan tapi dalam beberapa hal lain ada yg di rugikan karena ini merupakan sebuah persaingan apabila kita tidak siap untuk bersaing kita kalah maka kita akan rugi.

  39. 1. Kaitan Perang Dunia 1 dan 2 dengan koopetisi
    Hubungan PD 1 dan 2 dengan koopetisi adalah negara-negara yang terlibat saling bersaing dalam menguasai wilayah, termasuk sumber daya alam yang ada di dalamnya. Selain bersaing, negara-negara yang terlibat saling bekerja sama dengan negara lainnya dalam penguasaan wilayah dan pengembangan teknologi pada peralatan yang digunakan dalam peperangan, contohnya bom nuklir, gas alam dll.

    2. Perlunya kompetisi di masa sekarang
    Kompetisi masih diperlukan pada masa sekarang bahkan di masa depan karena kehidupan tidak akan luput dari persaingan. Dengan adanya kompetisi, suatu individu atau kelompok harus memiliki inovasi dan ciri khas agar mampu bersaing dengan yang lainnya yang diharuskan memiliki power yang akan menjadi tolak ukur kedepannya.

    3. Keuntungan adanya koopetisi
    Dalam persaingan selalu ada yang kalah dan yang menang. Ketika pihak yang satu meraih keuntungan dari koopetisi, maka pihak yang lainnya pun harus dapat mendapatkan peluang untuk untung agar tidak akan merasa dirugikan bahkan meraih keuntungan yang sama dengan yang lainnya.

  40. Nama : Sarah Nuraeni
    NPM : 24023115305
    Kelas : Manajemen A

    1. Kaitannya perang dunia 1 dan 2 dengan koopetisi menurut saya adalah, karena perng tersebut dilakukan untuk menguasai bebrrapa kubu negara sehingga dalam terjadi PD 1&2 terjadi koopetisi dimana koopetisi tersebut adalah kerjasama yang dilakukan namun di barengi dengan kompetisi sehingga kerjasama yang dijalain tersebut memiliki kompetisi di dalamnya dan juga pada PD 1 jerman mengalami keklagan sehingga terjadilah PD2 dengan alasan jerman ingin mrmbalas dendam dn PD2 berkhir pada saat jepang mengalah pada sekutu amerika serikat dengan menandatangi surt perjanjian sehingga pada PD 1dan2 tersebut memiliki kaitan dengan kooepetisi yang dilakukan untuk memenangkan peperangan dengan strategi kerjasama. Pada perng dunia 1dan2 juga koopetisi dilakukan untuk dapat menguasai beberapa negara, dengan itu diperlukan kerjasama antar negara untuk daat memenangkan persaingan dan kekuasaan.
    2. Pada jaman sekarang ini menurut saya kompetisi sangat diperlukan, hal tersebut diakukan untuk dapat melakukan persaingan, kompetisi juga dilakukan harus dengan secara fair supaya kompetisi dapat berjalan dengan baik, dalam dunia modernisasi sekarang ini kompetisi sngat diperlukan, dengan adanya kompetisi orang2 dapat mengeluarkan ide2 kreatifnya karena pada dasarnya jaman sekarang ini tingkat kretifiras orang2 sangat minim sehingga dengan adanya kompetisi diharapkan dapat menghasilkan tingkat kreatifitas dengan persaingan yang fair. Karena pada dasarnya dalam kehidupan sekarang ini kompetisi tersebut sngatlah penting dan berpengaruh terhadap yang lainnya.
    3. Menurut saya tidak semua koopetisi menguntungkan berbagai pihak, walaupun memang besar kemungkinan koopetisi dapat mberikan banyak keuntungan yang salah satunya adalah keuntungan dlm mengurangi resiko, namun tidak bisa dipungkiri dalam menjalankn sebuah kerjasama yng dikolaborasikan dengan kompetisi terkadang memberikan kegagalan, salah stunya jika salah satu pihak tidak dapat bekerjasama dengan baik atau tidak sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan srbelumnya, sehingga dengan kata lain sebuah kerja sama yang dijalin tersbut dapat memberikan keuntungan namun juga tidak semua nya mrnguntungkan. Maka dari itu koopetisi yang baik adalah koopetisi ybg memberikan keuntungan bagi pihk yg bekerjasama.

  41. Nama : Riska Sukmawati
    Npm : 24023115291
    1.Apa kaitannya Perang Dunia 1 dan 2 dengan koopetisi ?
    Kaitannya jika keduanya dihubungkan dengan koopetisi yang pada intinya pada kedua tragedi tersebut sama-sama ada sesuatu hal yang mana terdapat ras kejasama serta persaingan untuk memenangkan Perang, bagaimana strategi – strategi yang digunakan untuk memenangkan peperangan, peperangan diibaratkan sebagai kompetisi yang di dalamnya tentunya terdapat dua pilihan antara menang dan kalah, kolaborasi antara persaingan dengan kerjasama untuk menciptakan suatu hal Baru atau menciptakan reformasi Baru dalam suatu negara khusunya di dunia sehingga dalam peperangan sangat dibutuhkan Ada nya kompetisi untuk memacu motivation dan kerjasama untuk menggapai Tujuan yang ditargetkan.
    2. Apakah kompetisi diperlukan untuk jaman Sekarang ?
    Menurut pendapat saya jika dilihat Dari perkembangan jaman kompetisi saat ini sedang gencar- gencar nya terjadi banyak nya kompetisi menimbulkan dampat yang positif maupun negative, positif nya adalah dapat terjadi nya kreasi -kreasi baru, inovasi -inovasi Baru untuk menciptakan suatu hal yang Baru. Selain itu memunculkan dorongan motivation dalam diri agar dapat bersaing dan berkolaborasi dalam kompetisi tersebut. Selain itu alasan penting nya kompetisi adalah Manusia berkompetisi karena kompetisi adalah sesuatu yang dibutuhkan manusia sejak lahir. Bahkan sejak zaman manusia purba, mereka sudah saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan atau wilayah untuk tempat tinggal. Pada dasarnya manusia ingin menjadi pribadi yang lebih baik daripada orang lain. Sikap kompetitif ini dapat berupa kompetisi sehat dan tidak sehat. Diharapkan setiap manusia mampu bersaing dan berkomeptisi secara sehat.
    Selain berkompetisi, manusia juga harus berkolaborasi. Seperti pada sejak lahir bahwa manusia adalah mahluk sosial. Banyak kemampuan manusia lainnya tidak terdapat pada orang-orang lain. Melalui berkolaborasi diharapkan manusia saling melengkapi dan mampu menciptakan atau meraih tujuan kehidupannya.
    3. Apakah Koopetisi menguntungkan semua pihak?
    Pada dasarnya menurut sudut pandang saya sebagai mahasiswa koopetisi tidak selalu menguntungkan bagi semua pihak, pada dasarnya dalam suatu hal pasti terdapat negative dan positif nya begitu hal nya dengan adanya koopetisi. Koopetisi dapat menguntungkan maupun merugikan tergantung bagaimana sumber Daya Manusia nya yang mampu mengelola hal tersebut. Selain itu jika dengan adanya suatu kolaborasi yang baik atau kerjasama yang baik serta persaingan yang sehat tentunya timbal balik yang akan di terima pun akan baik Pula sehingga hasil yang diinginkanpun akan sesuai dengan apa yang diinginkan dan tentunya akan menguntungkan. Sebaliknya jika dalam kolaborasi atau kerjasama yang kurang baik maka hal tersebut akan menjadi boomerang karna tata pengelolaan yang kurang baik serta di barengi dengan persaingan yang sehat tidak sehat maka timbal balik yang di terima adalah kerugian dikarena bberapa hal yang tidak dapat di tangani dengan baik sehingga akan berdampak pada Tujuan atau target yang akan di capai.

  42. Kemal abdul hakim
    24023115302
    1.apa kaitanya perang dunia ke 1 dan ke 2 dengan kopetisi
    Kaitanya adalah dimana merka memperebutkan kekuasaan dan ingin menguasai kekayaan indonesia seperti rempah rempah yang ada di indonesia.
    2. apakah kopetisi diperlukan pada zaman sekarang
    Ya sangat diperlukan dimana dengan adanya kopetisi kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kita, dan dengan adanya motivasi kita dapat memotivasi diri supaya menjadi lebih baik
    3.apakah kopetisi benar2 menguntungkan semua pihak
    Tentu tidak,karna pasti ada salahsatu pihak yang menang dan yang kalah,dimana pihak yang kalah akan merasa di rugikan dan pihak yang menang dk untungkan,dan jika dilihat di zaman sekarang banyak sekali kopetisi yang tidak jujur,dmna itu dapat merugikan pihak lain

  43. KAITAN PD 1 DAN PS 2 DENGAN KOOPETISI
    Kaitannya PD 1 dan PD 2 dengan Koopetisi adalah pada periode tersebut setiap Negara-negara besar saling berkompetisi satu sama lain untu menguasai suatu wilayah yang membunyai sumber daya yang potensial. Pada periode tersebut tidak hanya dua Negara yang berkoopetisi, tetapi Negara-negara besar juga. Dimana pada periode tersebut tidak hanya dua negra saja tetapi Negara Negara lainpun saling bekerjasama untuk mendapat dan mencapai tujuan tersebut.

    APAKAH KOMPETISI DIBUTUHKAN JAMAN SEKARANG
    Kompetisi pada jaman sekarang sangat dibutuhkan karena dengan adanya kompetisi kita dapat mengetahui yang mana lawan dan yang mana kawan. Selain itu, dengan adanya kompetisi kita dapat mengetahui sejauh mana pemahaman yang kita miliki. Dan juga kompetisi juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan.

    APAKAH KOMPETISI BENAR-BENAR MENGUNTUNGKAN SEMUA PIHAK
    Kompetisi belum tentu menguntungkan semua pihak, karena dalam kompetisi ada yang kalah dan yang menang, kompetisi hanya menguntungkan pada pihak yang menang saja dan pihak yang didalamnya terdapat orang-orang yang mempunyai power dan berkepentingan, dan bagi pihak yang kalah tentu saja dirugikan oleh kompetisi.

  44. Sri Mulyanti
    24023115325

    1) Apa kaitannya PD 1 dan PD 2 dengan kompetisi?
    yaitu negara saling bersaing satu sama lain untuk memenangkan peperangan dan menguasi wilayah serta seisi wilayah tersebut seperti rempah-rempah, batu bara dll. Makna dari kata kompetisi yaitu adanya persaingan, perselisihan dan kerja sama tim yang kuat. Dan sebuah kompetisi harus adanya kata yang menang dan yang kalah dalam kompetisi tersebut. Apabila sudah keluar pemenang dan yang kalah maka kompetisi tersebut berakhir.

    2) Apakah kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang?
    kompetisi sangat diperlukan pada zaman sekarang, tidak hanya pada zaman sekarang pada zaman dulu pun kompetisi sudah dibutuhkan. Kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang karena kompetisi merupakan barometer untuk menentukan atas pencapaian perencanaan jangka panjang dan jangka pendek yang telah dibuat.

    3) Apakah kompetisi menguntungkan semua pihak?
    Sebuah kompetisi tidak ada yang menguntunkan bagi semua pihak. Yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan yang kalah. Si pemenanglah yang merasa diuntungkan, dan yang kalah lah yang merasa rugi. Jadi sebuah kompetisi tidak menguntungkan semua pihak.

  45. NAMA : KEMAL ABDUL HAKIM
    NPM: 24023115302

    1. Apa kaitannya PD 1 dan PD 2 dengan kompetisi?
    dimana dalam perang dunia ke1 dan ke 2 ini negara-negara lain berkompetisi untuk menguasai wikayah-wilayah yang ada, serta berkompetisi untuk mendapatkan kekayaan alam yang ada di dalamnya, seperti rempah-rempah, batu bara dll.
    dimana dalam kompetisi pasti ada yang menang dan adayang kalah.

    2) Apakah kompetisi dibutuhkan pada zaman sekarang?
    – sangat dibutuhkan, dimana dengan adanya kopetisi kita dapat membandingkan kemampuan kita dengan orang lain, dimana kompetisi juga dapat memotivasi/memicu kita agar bisa lebih baik lagi,kopetisi tidak di butuhkan pada zaman sekarang saja,tp dari zaman perang dunia ke1 dan ke2 juga telah berkompetisi.

    3) Apakah kompetisi menguntungkan semua pihak?
    – Tentu tidak,karna pasti ada salahsatu pihak yang menang dan yang kalah,dimana pihak yang kalah akan merasa di rugikan dan pihak yang menang akan merasa di untungkan,dan jika dilihat di zaman sekarang banyak sekali kopetisi yang tidak jujur,dmna itu dapat merugikan pihak lain.

  46. Nama :wildan
    24023115295
    1.Apa kaitannya perang dunia ke 1 dan 2 dengan koopetisi? *Bahwa pada zaman perang dunia ke 1 dan 2 koopetisi juga digunakan sebagai kerja sama dan bersaing dengan negara-negara sekutu untuk memperebutkan daerah kekuasaan baik di bidang ekonomi ,sosial,politik dsb serta koopetisi berperan dalam menentukan setrategi melawan sekutu.Intinya kaitannya koopetisi ini dengan perang dunia ke 1 dan 2 yaitu sebagai bentuk kerja sama dan bersaing untuk memperoleh suatu yg diperoleh sesuai dengan tujuannya
    2.Apakah kompotisi di perlukan pada zaman sekarang? *Tentunya sangat diperlukan karena dengan kompotisi kita dapat bersaing dan bekerja sama dengan orang diberbagai bidang kehidupan terlebih kompotisi bertujuan untuk membangun jaringan strategis dengan perusahaan atau organisasi,sebagai penyedia atau pasilisator akses,memberikan keuntungan bagi pelaku ekonomi dan mengurangi resiko
    3.Apakah koopotisi benar2 menguntungkan semua pihak? *Belum tentu menguntungkan bagi semua pihak karena koopotisi diperuntukan bagi pelaku bisnis untuk bisa bersaing dan bekerja sama dalam membangun dan menciptakan suatu nilai yg berguna bagi perusahaan

  47. Nama : Siti Nuraini Al-zamzami
    NPM : 24023115319

    1. Apa kaitannya perang dunia 1&2 dengan koopetisi
    Menurut saya adanya perang dunia 1 dapat mengembangkan pasa suatu bidang industri yang menyebabkan persaingan di beberapa negara eropa, kolonialisme, impearlisme serta terjadinya perlombaan senjata. Sebab khusus terbunuhnya putra mahkota Austria ( Frans Ferdinand) pada tahun 1914.
    Dan pada akhir perang dunia ke 1 ada perjanjian versailles Antara Jerman dan Sekutu yang isinya :
    Jerman menyerahkan wilayah kekuasaannya kepada Prancis dan Belgia.Jerman kehilangsn semua tanah jajahannya.Anggota perang Jerman diperkecil.Kapal dagang dan kapal perang Jerman diambil alih Inggris.Jerman harus mengganti rugi perang.b.Perjanjiaan Sevres (20 Agustus 1990)
    Antara Sekutu dengan Turki yang isinya :Daerah Turki diperkecil hanya tinggal kota Konstantinopel.Penduduk yang bukan orang Turki harus di lepaskan.Daerah – daerah di Turki harus di buka untuk semua kapal.Armenia dan Kurdi menjadi negara merdeka.
    Pada perang dunia perang dunia 2 adanya kegagalan liga bangsa-bangsa dan munculnya politik akansi (politik mencari sekutu atau kawan). Kekacauaan di bidang ekonomi yang melanda dunia.Munculnya faham Ultranasionalisme (nasionalisme yang berlebihan). Tetapi jerman melanggar perjanjian versailles.
    Dan pada akhir perang dunia ke 2 dengan kemenangan Sekutu yang di akhiri dengan perjanjian Postdam (2 Agustus 1945) yang isinya :
    Jerman di bagi menjadi empat zona.Demiliterisasi Jerman (tidak membangun lagi militer).Penjahat perang harus di hukum.Jerman harus membayar ganti rugi perang.

    2. Apakah kompetisi diperlukan pada zam an sekarang

    Diperlukan karena pada zaman sekarang yang sudah modern ini, apalagi bagi para pengusaha baik usaha nya masih kecil, menengah ataupun yang sudah besar. Meskipun usaha masyarakat berbeda beda tidak akan memiliki semangat untuk melakukan usaha dengan semaksimal mungkin agar dapat apa yang ia inginkan. Dengan adanya suatu kompetisi ini ada persaingan sehat antar pedagang. Tanpa adanya saling pergunjingan antar pengusaha.

    3. Apakah koopetisi benar benar menguntungkan semua pihak

    Menurut saya koopetisi sangat menguntungkan bagi semua orang karena adanya koopetisi ini akan saling mengunungkan satu sama lain. Meskipun ada hal yang berbeda.

  48. 1. Apakah kaitan kompetisi perang dunia 1 dan perang dunia 2 dengan koopetisi?
    Kaitan dengan perang dunia 1 dan perang dunia ke 2 adalah terjadinya sebuah kompetensi antar negara memperebutkan kekuasaan.

    2. Apakah kompetensi diperlukan pada jaman sekarang?
    Sangat diperlukan karena pada era masa kini persaingan semakin ketat dan pihak yang berkompetisi semakin berat. Apabila tanpa adanya kompetisi maka kita akan semakin tertinggal.

    3. Apakah koopetisi benar-benar menguntungkan semua pihak?
    Tidak. Karena dalam sebuah perusahaan terjadi sebuah kompetisi akan adanya pihak yang menang dan kalah.

Leave a Reply