Hallo shareaddict, perlu contoh penelitian deskriptif mengenai strategi beriklan di Media Televisi? Ini adalah bacaan tepat, shareaddict Manda akan coba untuk menjelaskan menggunakan kasus produk simcard di Indonesia. Yuk simak.

Untuk memperluas pemahaman tentang bagaimana pengiklan TV memilih spot TV, penting untuk memahami faktor apa yang dipertimbangkan oleh pengiklan TV karena memilih tempat TV yang sesuai terutama untuk kategori produk kartu SIM. Sumber data untuk penelitian ini diperoleh dari A. C. Nielsen, menggunakan perangkat lunak Arianna. Data yang dianalisis adalah data bulan Maret 2010. Sedangkan faktor-faktor yang dievaluasi antara lain rating televisi, tingkat, program, waktu (hari dan jam), dan kategori merek / produk. Penelitian ini mencakup 10 stasiun TV nasional di Indonesia yaitu RCTI, SCTV, Trans TV, Trans 7, Global TV, ANTV, TPI (MNC), Metro TV, Indosiar dan TV One.
Temuan dalam penelitian ini meliputi bahwa:

  1. Rata-rata, semua stasiun televisi (RCTI, SCTV, MNC, Indosiar, TV Global, Trans TV, Trans 7, TV One, Metro TV, dan TV One) memiliki jumlah iklan tertinggi di tengah minggu, yaitu pada hari Kamis (982)iklan) dan Jumat (906 iklan). Ada perbedaan yang sangat signifikan antara jumlah iklan di hari kerja dan akhir pekan. Pada akhir pekan jumlah iklan tersebut sekitar 600 iklan saja, tapi di hari kerja hampir mencapai jumlah 1000.
  2. Kebanyakan pengiklan korporat lebih suka membuat iklan di hari kerja daripada akhir pekan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa semua stasiun televisi memiliki lebih banyak tarif rata-rata mahal di akhir pekan daripada di hari kerja. Ini mungkin salah satu alasan mengapa jumlah iklan di hari kerja lebih dari pada akhir pekan, itu karena harga lebih murah
  3. Beberapa stasiun televisi masih memiliki lebih banyak iklan di tingkat yang lebih tinggi (lebih mahal), dari tingkat biasa. Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa pengiklan cenderung pertimbangkan aspek lain seperti rating dan jumlah penampil, bukan tentang tingkat iklan. Jadi, meski harga iklan terbaiknya lebih tinggi, tapi masih memiliki jumlah pengiklan tinggi.
  4. Setiap stasiun televisi memiliki jumlah iklan tertinggi dalam waktu tertentu yang berbeda jumlahnya antar satu lainnya. Sebagai kesimpulan, stasiun televisi memiliki Jumlah iklan tertinggi tidak selalu di prime time (18.00-19.00).
  5. Sebuah program televisi yang memiliki rating tinggi tidak selalu menarik lebih banyak iklan.

Kalau teman-teman ikut terus baca silahkan download file berikut ini

Dan jangan lupa untuk sitasi dengan menggunakan format:

APA Style:

Alamanda, D. T. (2011). Media Strategy For Simcard Advertisement Product Category. The 1st ICBC: International Conference on Business and Communication (ICBC). Jakarta.

IEEE Style:

D. T. Alamanda, “Media Strategy For Simcard Advertisement Product Category,” in The 1st ICBC: International Conference on Business and Communication (ICBC), Jakarta, 2011.