Hallo shareaddicts, apa kabar?? masih semangat kan berlajar tentang Decision Making? kali ini yuk simak pembahasan mengenai tahapan pengambilan keputusan yang akan disampaikan oleh shareaddict Manda. Sudah siap??

Yang dimaksud dengan tahapan pengambilan keputusan disini adalah proses yang terstruktur bukan proses pengambilan keputusan by insting. Banyak sekali yang berusaha mengidentifikasi langkah-langkah tersebut dan ternyata menghasilkan temuan berbeda. Ada yang memformulasikan tahapannya dalam 4 tahap, 5 tahap, 6 tahap dan 7 tahap, berapapun tahap nya bukan masalah, yang penting adalah ketika kamu mengadopsi pola yang mana, disesuaikan saja dengan jenis keputusan yang ingin kamu ambil yah.

4 Tahap Pengambilan Keputusan:

Contohnya adalah situasi dimana shareaddict Manda mau beli rumah idamannya yang berwarna orange dengan lokasi didekat bukit:

Tahap 1: : Intellegence (Problem Discovery)

Tahapan ini mencakup pencarian, identifikasi dan pemahaman masalah. Nah shareaddict Manda udah suka banget sama rumah yang dia lihat tadi siang, masalahnya, gimana caranya dia bisa mendapatkan rumah tadi,  karena saat ini uang yang ada belum mencukupi untuk membeli sebuah rumah mewah.

Tahap 2:: Design (Solution Discovery)

Merupakan langkah identifikasi dan eksplorasi alternatif solusi permasalahan. Ada 3 alternatif nih yang terpikir: buka usaha biar dapat income yang banyak, pinjam uang ke bank, atau rajin menabung aja yah. Hmmm..

Langkah 3:: Choice (Choosing Solution)

Memilih solusi terbaik dari seluruh alternatif. Dari 3 pilihan opsi, dengan segala pertimbangan shareaddict Manda akhirnya memilih untuk meminjam uang ke bank untuk membeli rumah idamannya.

Tahap 4:: Implementation (Solution Testing)

Membuat pilihanmu terlaksana dan berkelanjutan supaya tahu solusimu berjalan atau tidak. Shareaddict Manda mulai mempersiapkan persyaratan untuk meminjam uang ke bank dengan mengirimkan form aplikasi dan persyaratan pendukungnya, jika bank menyetujui maka tiba saatnya shareaddict Manda memiliki rumah baru idaman. HOREEEE..

Gimana simple kan? Kalau kalian ngerasa tahapan ini terlalu sederhana dan umum, jangan khawatir ikuti postingan berikutnya mengenai 6 Steps Decision Making Process. Happy Sharing.

Atau baca juga bacaan hits tentang bagaimana Blue Bird beradaptasi dengan zaman digital hari ini.

Bagaimana Blue Bird Beradaptasi Menghadapi Arus Perubahan Industri Digital?