Hai shareaddict lovers,

Kali ini shareaddict Manda dan Eka akan membuat liputan khusus sebuah International Conference bergensi yang diselenggarakan beberapa hari lalu di Bandung. APA ITU??? Yuk Simak…

Sustainable Collaboration in Business, Technology, Information and Innovation atau yang disingkat SCBTII merupakan agenda tahunan pertemuan ilmiah yang diselenggarakan oelh Telkom University khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tahun ini, dengan diketuai oleh Dr. Farida Titik, SCBTII 2017 sukses digelar untuk yang ke-8 kalinya di Grand Preanger Bandung. Dengan mengusung tema “Synergizing Digital-Based Technology, Accounting, and Management in Developing Business Sustainability and Economic Growth in Emerging Markets”,  SCBTII kali ini terbuka untuk menerima paper dengan judul-judul terkait [Strategy, Entrepreneurship, Economics], [Digital-based Management], dan [Accounting, Finance and Corporate Governance]  yang detail pelaksanaan kegiatannya dapat dilihat di SCBTII.

Yang menarik adalah sambutan Bapak Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat yang menyatakan bahwa “Semua pihak harus menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang jika tidak akan ketinggalan. Tetapi, sebagai pemangku kebijakan tentunya yang harus dibangun adalah keseimbangan. Jangan sampai teknologi berubah kearah yang lebih baik, tetapi kemudian merugikan teman kita yang belum melek teknologi”. Yup setuju ya shareaddict, makanya kita generasi muda selain getol menuntu ilmu rajin pula untuk memperdalam rasa empati terhadap masa depan kita semua, sehingga pengetahuan yang kita punya bisa menjadi penerang bangsa.

Informasi yang didapatkan dari tim Call for Paper mengenai jumlah partisipan, dikatakan Irni bahwa terdapat 87 paper masuk dimana 82 nya mengukuti parallel session yang diselenggarakan pada hari itu juga [20 Juli 2017]. Selain itu partisipan tersebar dari 7 negara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Belanda, Nigeria,  dan New Zealand. Oh yah, Tim Call for Paper [CfP] kan bagi-bagi tips juga loh mengenai tata cara menjadi tim CfP pada event besar seperti International Conference [baca:Tips and Trik CfP]

Apa lagi yang seru?

Selain bertaburan celebrity professor, SCBTII juga dimeriahkan oleh kehadiran aktor kondang Christian Sugiono. Eits, jangan salah loh, Christian Sugiono hadir sebagai nara sumber yang membagikan tips and trik memulai start-up company [lihat: QA bersama Christian Sugiono].

Puncak acara

Setelah keseruan diskusi panel dan sharing session, diakhir acara, acara juga ditutup dengan puncak penghargaan bestpaper awards. Award bergengsi ini dinilai berdasarkan filtering beberapa tahap yang ketat [baca: Pemilihan Best Paper]. Dan inilah 4 paper beserta tim penulis paper berprestasi:

  1. Ahmad Heryawan, Ina Primiana, and Martha Fani Cahyandito –  Universitas Padjajaran. “Synergizing Digital-based Technology and Management in Water Balance Calculation as Decision Support System for River Basin Management – Study at Upper Citarum Watershed in Bandung Greater Area)”
  1. Hastri Pratita Saptaya, Dodie Tricahyono and Tri Djatmiko – Universitas Telkom. “Identification of Influencing Factors of Go-Jek Drivers In Bandung Toward Intention To Use Of Go-Jek Mobile Platform Application”
  1. Ahmad Irfan, Ina Primiana, Aldrin Herwany, Erie Febrian and Wardhana – Universitas Padjadjaran. “Factors Determining Bank Competitive  Strategy: An Empirical Study On Local Development Banks (Ldbs) In Indonesia”
  1. Moh Farid Najib – Polban. “Buyer-Supplier Relationship Construct at the Traditional Market Trader: Instrument Development and Validation”

 

Baca juga tentang: Apa itu Call for Paper?Contoh Komunikasi Email Call for PaperAlur Call for Paper,