Hello semua para pembaca setia Sharing Addicted.

Pertama… ini tulisan bebas dan hanya opini seorang petugas yang mendapatkan amanah untuk mengelola kegiatan pembelajaran di sebuah kantor kelas internasional di sebuah universitas swasta. Universitas tempat saya bertugas ini adalah Telkom University, yang baru saja mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT, yang merupakan prestasi dan pengakuan bagi institusi sebagai pendidikan tinggi yang memenuhi standar dan kualifikasi terbaik dari Kementrian Ristek Dikti.

Nah… salah satu parameter bahwa universitas itu memiliki performa yang baik adalah mengenai hubungan kemitraan dengan berbagai universitas di luar negeri. Jalinan kerja sama tersebut bisa saja dalam bentuk berbagai hal, seperti :

  1. Joint Research / Joint Supervision (melakukan penelitian bersama yang mana pada scholarnya melibatkan lebih daru 1 institusi yang berbeda asal negara bersama dengan faculty member, atau students dari Telkom University)
  2. Joint Conference (bukan sesuatu yang aneh, kalau sebuah institusi yang memang bergeliat untuk membuat brand-nya semakin global untuk membangun kolaborasi keren dengan menyelenggarakan conference bersama dengan universitas di luar negeri)
  3. Joint Degree (merupakan kolaborasi pengalaman pembelajaran yang diberikan untuk mahasiswanya mendapatkan kesempatan belajar dan mengambil matakuliah wajib maupun pilihan di universitas mitra, seru kan… jadi suasana belajar yang beraga akan semakin membuka wacana dan wawasan mahasiswanya dalam menyerap ilmu pengetahuan, sekaligus juga memperdalam “life skill” dari multi national culture)
  4. Double Degree (atau yang biasa dikenal dengan gelar ganda, nah … untuk yang satu ini sungguh membutuhkan persiapan matang dan strategis agar mahasiswa universitas kami memiliki kesempatan untuk bergabung dalam program gelar ganda. Karena dalan program ini, mahasiswa tak hanya memiliki pengalaman belajar di luar negeri, sudah bisa dipastikan bahwa kelulusannya akan memperoleh gelar ganda, yaitu gelar dari Telkom University dan gelar dari Universitas mitra. Keren kann !!!)
  5. Student Exchange (memiliki kesempatan minimal 1 semester baik di Spring Semester atau Fall Semester di universitas mitra untuk belajar, dan pada kegiatan ini tentunya nilai akademik yang diperoleh di universitas mitra juga akan di transfer dan diakui oleh Telkom University, sehingga saat kelulusan nanti akan ada keterangan bahwa sejumlah SKS yang di ambil oleh mahasiswa adalah lulus dari universitas di luar negeri. Cool pisan yahh !!)
  6. Winter School or Summer School (adalah program short course yang diselenggarakan oleh universitas mitra yang juga memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa. Meskipun durasinya hanya kisaran 2 s.d 4 minggu, namun mereka akan hidup dan tinggal bersama mahasiswa asing lainnya yang berasal dari berbagai negara)
  7. Global Learning Week (ini adalah annual event yang sangat di tunggu oleh semua universitas mitra untuk datang dan mengajar di Telkom University selama 2 s.d 3 minggu. Hal ini menjadi sangat menyenangkan karena dalam waktu 3 minggu mahasiswa di Telkom University bisa merasakan belajar bersama dosen yang tidak harus selalu dari Indonesia, melainkan dari berbagai universitas kelas dunia. Di samping itu ini juga bisa memotivasi para dosen di Telkom University untuk selalu semangat memotivasi diri melihat gaya belajar dan mengajar dari berbagai belahan dunia.
  8. Global Internship (atau istilah yang paling gampang adalah kesempatan magang mahasiswa di multi national company, daaaaan… ini tuh yah mencari mitra dan partner industri yang mau menerima mahasiswa kita untuk kesempatan magang di perusahaan mereka adalah tantangan tersendiri)

Wow… kan  yaaaa… yaaa gak sihh ?? Kalau saya pribadi sihh ini wow banget. Roller coaster dari mulai merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan, dan memastikan semua berjalan lancar itu butuh synergi yang luar biasa. Synergy ini bagi kami di definisikan dalam systematic energy  hahaha… gaya kannn.

Yaa.. kalau bukan membangun synergy yang baik secara sistematis, nampaknya akan sangat berat menjalani 7 program itu semua bersamaan dengan proses belajar mengajar di kantor kelas internasional. Pastinya kami harus bersinergi baik dan positif dengan semua fakultas, program studi, sekretariat program studi, kelompok keahlian penelitian, direktorat kemahasiswaan, direktorat keuangan untuk urusan beasiswa, imigrasi untuk ursan Visa dan izin tinggal, kantor urusan internasional, universitas mitra, dan masih banyak lagi. Dan untuk semua itu adalah tentang seni berkolaborasi, mengelola bisnis yang dijalani dalam hubungan kemitraan di pendidikan tinggi di Indonesia ini jadi pembelajaran tersendiri.

Oya ada hal menarik lagi mengenai seni mendapatkan mitra universitas dari manca negara yang bergengsi. Yaitu mereka yang merupakan universitas dunia dengan ranking di atas 500. Wow… ini bukan mudah kan ya, untuk meyakinkan bahwa kita bisa bekerja sama dan akan menjadi mitra bisnis yang menjanjikan mutual benefit antar institusi. Lain waktu akan saya bahas deh yaaa… seru kayaknya. Begitu banyak implikasi dari berbagai bidang ilmu yang sudah pernah saya pelajari dalam menjalankan tugas dari setiap project ini. jadi tak hanya persoalan teori yang harus kita pelajari namun bagaimana saat melaksanakannya di lapangan dan bersinggungan dengan banyak kepentingan dan harapan dari organisasi, institusi bahkan kepentingan serta kebutuhan industri.

Menyenangkan, menantang, dan sangat membuka wawasan saya pribadi dan juga team di International Class Academic Office.

Spirit kami sama : Always bring our spirit for better Indonesia.

Salam Sukses

Eka Yuliana

Liat artikel lainnya yuk:

Resolusi Konflik Gede Bage