Hallo shareaddict, tanggal 21 September kemarin, shareaddict Manda bersama-sama dengan Ridwan Kamil dan Tim, melaksanakan kegiatan Pelatihan untuk masyarakat korban banjir bandang Garut. Acara ini terselenggara dari kegiatan penggalan dana oleh netizen melalui @kitabisa.com, selain itu juga ada Yayasan Dompet Duafa dan Asgarinda (Pemuda Peduli Garut) yang turut membantu terlaksananya kegiatan. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 korban banjir yang sekaligus pelaku usaha UKM. Untuk lebih menyemangati kegiatan usaha mereka, RK memberikan bantuan sejumlah dana untuk mengembangkan usaha namun agar dananya bisa lebih efektik digunakan, para penerima dana perlu diberikan pembekalan dan pendampingan usaha. Jadi pelatihan ini merupakan bentuk pembekalan sebelum  bantuan dananya mereka terima.

Topik pelatihan kali ini adalah mengenai Pengenalan Penggunaan Laporan Keuangan Dan Anggaran Kas Sebagai Alat Perencanaan Kinerja Keuangan Pada Usaha Mikro Dan Kecil. Yang mempunyai usaha mikro dan kecil, yuk simak, siapa tahu bermanfaat.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan berfungsi untuk menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja keuangan perusahaan serta menunjukkan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan. Informasi tersebut dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder) untuk mengambil keputusan. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

Anggaran Kas

Anggaran kas adalah anggaran yang memerinci taksiran penerimaan dan pengeluaran uang tunai dalam suatu kurun masa yang akan datang sebagai alat untuk memelihara likuiditas. Dalam rangka manajemen kas, kekurangan uang tunai diantisipasi dan harus diambil keputusan sebelumnya untuk mencari sumber dana dan mendapatkan suntikan tunai guna mencukupi kewajiban tunai. Kelebihan uang tunai diantisipasi untuk keperluan investasi setengah tunai yang mudah dicairkan bila diperlukan sewaktu-waktu.

Neraca Keuangan 

Laporan Neraca adalah laporan dengan posisi keuangan perusahaan yang menggambarkan posisi aktiva, kewajiban dan modal. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas. Fungsi dari Neraca Keuangan anatara lain:

• Prasarana untuk menganalisis fleksibilitas keuangan adalah sebagai pengukur bagi perusahaan akantindakan kedepannya.

• Prasarana untuk menganalisis likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan kewajiban jangka pendeknya.

• Prasarana untuk menganalisis solvabilitas adalah kemmpuan perusahaan membayar hutang-hutangnya sebelum jatuh tempo.

Laporan Laba-Rugi

Secara sederhana Laporan laba rugi diartikan sebagai laporan keuangan yang termasuk dalam rangkaian siklus akuntansi yang dihasilkan dalam satu periode akuntansi yang didalamnya menyajikan seluruh unsur pendapatan dan beban perusahaan yang akan menghasilkan kondisi sebenarnya laba bersih atau rugi bersih perusahaan. Laporan laba rugi (profit and lost statement) yang disusun oleh perusahaan mempunyai unsur pendapatan serta seluruh beban pada periode berjalan suatu perusahaan.

Dan panduan step-by-step mengenai cara pembuatan neraca keuangan, laporan laba-rugi hingga evaluasi laporan keuangan disajikan dalam Materi Keuangan (silahkan download).

Semoga bermanfaat yah materinya, jangan lupa untuk baca materi bermanfaat mengenai start up business seperti:

[Liputan Khusus] Question and Answer dalam Diskusi Panel Bersama Christian Sugiono