Hallo Shareaddict, kali ini yuk intip perusahaan Indonesia mana saja yang punya prestasi gemilang di tahun 2017. Ini dia daftarnya:

1. Bank Rakyat Indonesia

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank milik pemerintah yang awalnya didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”, suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Sejak awal didirikan, BRI tetap konsisten untuk memfokus produk mereka pada pelayanan kepada masyarakat kecil dengan memberikan berbagai fasilitas kredit pada pengusaha kecil. Selain itu, tercermin juga dari perkembangan penyaluran Kredit Usaha Kecil tahun 1994 dengan nominal sebesar Rp 6.419,8 miliar dan meningkat menjadi Rp 8.231,1 miliar pada tahun 1995. Pemegang saham BRI adalah pemerintah Republik Indonesia dengan persentase mencapai 56.75% dan publik sebesar 43.25%. Pada kuartal akhir 2017, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memutuskan merombak susunan sejumlah direksi dan komisarisnya. Lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) mengangkat Handayani (Direktur BTN) menjadi Direktur Konsumer BRI. dan Sophia Eliza (Jamkrindo) jadi Direktur Human Capital BRI serta Komisaris Utama/Komisaris Independen: Andrinof A.Chaniago.

Prestasi BRI pada tahun 2017 adalah
Peringkat: 386 dunia
Pendapatan: US$ 8,3 miliar
Laba: US$ 2 miliar
Aset: US$ 74,5 miliar
Nilai pasar: US$ 24,2 miliar

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang memiliki kantor pusat di Jakarta dan dikenal sebagai bank terbesar di Indonesia dinilai dari aset, pinjaman, serta deposit. Bergerak di industri jasa keuangan, Bank Mandiri termasuk dalam Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 oleh Pemerintah Indonesia. Berdirinya Bank Mandiri sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan dan merupakan penyatuan dari empat bank pendahulu yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan juga Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Jumlah aset Bank Mandiri pada tahun 2013 mencapai Rp670 triliun. Produk yang ditawarkan dari Bank Mandiri antara lain Mandiri Tabungan, Mandiri Deposito, e-Toll Card, dan lain-lain.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam RUPSLB tersebut diputuskan adanya dua komisaris baru yang menggantikan Wimboh Santoso sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri, dan Destry Damayanti sebagai Komisaris Bank Mandiri. Hartadi A Sarwono resmi menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri menggantikan Wimboh. Hartadi A. Sarwono juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan juga pernah menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Prestasi Bank Mandiri pada tahun 2017 adalah

Peringkat: 494 dunia
Pendapatan: US$ 7,5 miliar
Laba: US$ 1 miliar
Aset: US$ 77,1 miliar
Nilai pasar: US$ 21,4 miliar

3. Telkomsel

Telkomsel dikenal sebagai salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang didirikan pada 26 Mei 1995 dan berkantor pusat di Jakarta. Saat ini PT Telkomsel Selular dipimpin oleh Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama. Telkomsel memiliki lebih dari 84.000 BTS dan sanggup menjangkau 98% wilayah populasi di Indonesia. Hal ini menjadikannya sebagai operator seluler terbesar di Indonesia dan nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan. Bahkan tahun 2014 Telkomsel berhasil menjadi pemimpin pasar industri telkomunikasi di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai 139 juta. Ririek Adriansyah telah menjabat sebagai Presiden Direktur Telkomsel sejak Januari 2015, dan bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen Perusahaan. Ririek pernah memegang berbagai jabatan strategis di PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Telkom Group sejak 1990.

4. Telkom Indonesia

Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 Oktober 1856, dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg). Perusahaan PTT inilah yang menjadi cikal bakal PT Telkom.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau dikenal dengan sebutan Telkom adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta sebagai penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi lengkap di Indonesia. Telkom menyebut dirinya sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan telepon tetap mencapai 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta. Telkom sendiri merupakan salah satu BUMN yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia yaitu sebesar 52.57% dan sisanya dimiliki oleh publik, Bank of New York, serta investor dalam negeri.

Alex Sinaga resmi dipilih sebagai Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) di Jakarta, Jumat 19 Desember 2014. Alex menggantikan Arief Yahya yang menjadi Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Prestasi Telkom pada 2017:
Peringkat: 653 dunia
Pendapatan: US$ 8,7 miliar
Laba: US$ 1,5 miliar
Aset: US$ 13,3 miliar
Nilai pasar: US$ 30,4 miliar

5. Gudang Garam

PT Gudang Garam Tbk merupakan sebuah perusahaan produsen rokok asal Indonesia yang pertama kali didirikan oleh Surya Wonowidjojo pada 26 Juni 1958. Perusahaan ini termasuk dalam perusahaan rokok tertua dan terbesar ke lima setelah Djarum dalam produksi rokok kretek. Beberapa anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk antara lain PT Surya Pamenang, PT Surya Madistrindo, PT Graha Surya Media, dan PT Surya Air.

Susilo Wonowidjojo diangkat menjadi Presiden Direktur pada bulan Juni 2009. Sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur sejak 1990 dan sebagai Direktur Perseroan sejak 1976 yang membidangi pengadaan/ pengelolaan bahan baku, perasa, persediaan dan manajemen produksi. Beliau memiliki hubungan afiliasi dengan Juni Setiawati Wonowidjojo Presiden Komisaris Perseroan, serta memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham Perseroan. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Surya Madistrindo dan sebagai Komisaris PT Surya Air dan PT Surya Dhoho Investama. Beliau juga merupakan Presiden Direktur PT Suryamitra Kusuma dan Direktur PT Suryaduta Investama, PT Suryaduta Mandiri, dan PT Surya Halim Karya Sejahtera.

Prestasi Gudang Garam pada tahun 2017:
Peringkat: 1.373 dunia
Pendapatan: US$ 5,7 miliar
Laba: US$ 0,5 miliar
Aset: US$ 4,7 miliar
Nilai pasar: US$ 9,9 miliar

Nah itu dia daftar 5 perusahaan ternama INDONESIA yang juga gemilang di tingkat dunia. Kalau Perusahaan-Perusahaan terbaik dunia kira-kira mana saja yah?

Silahkan isi komentar dibawah.

Dan baca juga materi menarik lainnya berikut ini:

Konflik Sungai Gangga India-Bangladesh