Masih ada lagi, tanggung sekalian, SKALA DATA, hmm penting banget nih mari mulai..terdapat 4 tingkatan data dari yang terendah NOMINAL, ORDINAL, INTERVAL dan tingkatan data tertinggi RATIO.

Skala pertama adalah nominal (atau skala label), skala ini menempatkan angka sebagai atribut objek, menempatkan angka ke dalam kategori tanpa struktur, tidak memiliki peringkat dan tidak ada jarak. Contoh gender, laki-laki dan perempuan, di Indonesia itu aja kan yang diakui kalau diluar sana kadang gender ada 3, laki, perempuan dan other. Nah kita tidak bisa bilang klau laki2 tingkatannya lebih tinggi dari perempuan, atau sebaliknya kan.

Yang kedua adalah ORDINAL (atau skala peringkat) atau ada yang bilang melibatkan preferensi, Skala ordinal memiliki peringkat, tapi tidak ada jarak karena angka yang tercipta bersifat relatif subjektif. Skala ini menjadi dasar dalam Skala Likert. Contohnya saya lebih suka kopi daripada teh. Kalau kalian pernah lihat kuesioner dan pilihannya tidak setuju, kurang setuju, setuju, sangat setuju nah itu conoth skala ordinal.

Yang ketiga adalah INTERVAL (skala jarak). Skala interval adalah skala ordinal yang memiliki poin jarak dalam keteraturan kategori peringkat, tapi jarak yang tercipta sama antar masing-masing angka. Conoth kalau lari estafet berapa meter 400 meter kan, tiap 100 meter ada satu pelari. Nah jarak antar satu pelari estafet dengan lainnya kan sama berapa 100 meter kan, nah ini skala internal. Oia satu lagi, skala interval juga berkaitan dengan kemutlakan nilai nol, yaitu KETIKA NILAI NOL NYA GAK MUTLAK. Contoh ketika kita bicara tempertur, berapa suhu sekarang nih 0 derajat cecius, nah kalo konversi ke FArenheit kan jadi 32 ..ini yang dinamakan nol tidak mutlak..paham yah..

Yang terakhir yang tertinggi adalah skala data RATIO (SKALA MUTLAK) kala rasio adalah skala interval yang memiliki nol mutlak. Contohnya saya punya nol rupiah nih, saya juga punya nol dollar artinya apa sama2 gak punya uang…contoh lain, beratnya 0 kg sama gak sama nol ons, sama aja artinya kagak ada yang ditimbang.