Data merupakan observed value dari variable, contohnya adalah respon survey. Statistician mengembangkan survey to deal with variable yanggg banyakkkk atau bervariasi. Terdapat dua tipe variable, categorical dan numerical

Categorical Variabel biasnaya dgunakan untuk yang membutuhkan respon yes atau no. Contohnya: Apa anda menyukai tempe ? nah jawabannya bisa atau tidak kan, se-simple itu.

Kalau numerical variable digunakan ketika membutuhkan respon jawaban sepeti tinggi badan dalam satuan cm. Contoh lainnya, adalah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk membeli produk eletronik dalam setahun? Naha jawabannya macem-macem dan angka kan, ada yang menghabiskan 1 kuta sampai ratusan juta.

Oia dalam numerical data dibagi lagi jenis nya ada yang sifatnya diskrit dan ada yang kontonous. Varaibel diskrit dihasilkan dari mencacah, punya anak berapa bu, jawabannya 2, 3 atau 4 dst..gak mungkin kana da yang bilang anak saya jumlah nya 3,5..meskipun saya berbadan mungil tetepdihitung satu kan gak sepotong

Bedanya, variable kontinus dihasilkan dari mengukur, hasilnya bisa berupa decimal, contoh tinggi badan saya 155, 1 cm, berat badan saya 40,2 kg.