Hallo shareaddict…salam sharingaddicted yah…yup materi mengenai Decision Making kali ini akan membahas, apa sih pentingnya belajar Ilmu Pengambilan Keputusan?? Yuk ikuti pembahasan shareaddict Manda berikut ini:

1. Memanfaatkan sumberdaya dengan lebih bijak

Manfaat pertama dari pengambilan keputusan adalah bisa membantu kita sebagai manusia dalam memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan, kenapa perlu? karena sumberdaya itu sifatnya terbatas. Apa saja itu? sebut saja 6 M: Man (Manusia), Money (Uang), Material (Bahan Baku), Machine (Mesin), Method (Metode) dan Market (Pasar). Sebagai seorang manajer, kalian akan dituntut untuk mampu membuat keputusan yang benar untuk semua 6M tadi sehingga akan menghasilkan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik.

2. Menghadapi Permasalahan dan Tantangan

Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dapat membantu perusahaan dalam menghadapi, mengatasi masalah serta tantangan baru.

3. Pertumbuhan Bisnis

Pengambilan yang cepat dan benar menghasilkan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Hal ini membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya karena hal tadi menghasilkan pertumbuhan bisnis yang cepat. Namun sebaliknya, keputusan yang lamban, salah atau bahkan tidak ada keputusan bisa mengakibatkan “penyakit” yang berbahaya dan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

4. Meraih Tujuan

Keputusan yang rasional membantu perusahaan untuk mencapai seluruh tujuannya dengan cepat. Hal ini karena keputusan rasional dibuat berdasarkan analisis dan evaluasi dari banyak alternatif.

5. Meningkatkan Efisiensi

Keputusan rasional membantu meningkatkan efisiensi. Efisiensi itu sendiri berkaitan dengan pendapatan (income) dan pengeluaran (cost). Jika pendapatan tinggi dan pengeluaran rendah, maka efisiensi tercapai, vice versa atau sebaliknya jika pendapatan rendah dan pengeluaran tinggi, artinya perusahaan sangat tidak efisien. Nah, pengambilan keputusan yang rasional inilah yang bisa menghasilkan higher return at low cost.

6. Memfasilitasi Inovasi

Keputusan rasional mampu memfasilitasi inovasi loh. Tau gak kenapa? Karena keputusan rasional membantu mengembangkan ide baru, produk baru, proses baru dan lain-lain yang dinamakan dengan Inovasi. Inovasi itu sendiri memberikan sebuah keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

7. Memotivasi Karyawan

Hasil dari keputusan rasional ternyata mampu memotivasi karyawan. Hal tersebut karena karyawan akan termotivasi untuk mengimplementasikan apa yang menjadi keputusan perusahaan. Ketika keputusan yang dikerjakan menghasilkan keuntungan yang besar, efeknya bisa memberikan keuantungan juga baik finansial maupun non-finasial bagi karyawan.

Nah itu dia Tujuh Manfaat Pengambilan Keputusan dalam bisnis, kalau menurut kalian masih ada lagi, di share yah pendapatnya dikolom komentar di bawah ini. Dan jangan lupa ikuti materi lainnya seperti:

  1. Apa itu Pengambilan Keputusan
  2. Proses Pengambilan Keputusan

Happy sharing